Dishubkominfo Uji Kelayakan Kendaraan Mudik 2014

oleh -
iklan dispar

PLAYEN, kabarhandayani.– Jelang arus mudik, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Gunungkidul (Dishubkominfo) menggelar uji kelayakan armada. Kali ini Dishubkominfo menguji kelayakan kendaraan milik armada bus PO Maju Lancar. Kamis (17/07/14).
Dengan didampingi segenap staf Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Gunungkidul, Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul Purnama Jaya melakukan uji kelayakan kendaraan di pool bus PO Maju Lancar Siyono, Playen.
Sebanyak delapan unit bus yang akan digunakan untuk arus mudik 2014 dicek satu persatu oleh para petugas Dishubkominfo Gunungkidul. “Kami mengecek kelengkapan keamanan di dalam bus antara lain, pintu darurat, palu pemecah kaca, alat pemadam api ringan (APAR) dan kotak P3K. Disamping itu kami juga mengecek alat kelengkapan bis seperti lampu, rem dan alat buang gas,” ungkap Purnama Jaya.
Selain menguji kelayakan bus, Dishubkominfo Gunungkidul juga mengecek surat-surat kendaraan dan juga surat ijin mengemudi (SIM) dari para sopir bus. Hasilnya dari 8 armada yang dicek, didapati hanya 1 armada yang mempunyai kelengkapan keamanan (APAR, pemecah kaca) di dalam bus.
Kepada KH, Purnama Jaya menjelaskan untuk kelengkapan kendaraan seperti rem lampu dan alat buang gas masih berfungsi baik. “Hanya beberapa kelengkapan keamanan di dalam bus yang sebagian belum ada, untuk rem lampu dan alat buang gas semua armada berfungsi dengan baik,” paparnya.
Kepala Dishubkominfo menghimbau kepada pihak pengelola bus agar segera melengkapi kelengkapan keamanan dan surat-suratnya sebelum bus dioperasionalkan. Rencananya beberapa hari ke depan Dishumkominfo Gunungkidul akan melakukan pengecekan gabungan di teriminal Dhaksinarga, Selang, Wonosari.
Agar tidak kecolongan akan bus luar daerah yang tidak layak beroperasi, Dishubkominfo akan melakukan pantauan ketat selama arus mudik 2014 ini. “Kami akan pantau terus kelayakan kendaraan yang beroperasi selama mudik tahun ini, mungkin 4-5 kali pengecekan menjelang arus mudik dan arus balik,” pungkas Purnama Jaya. (Atmaja/Hfs)

Komentar

Komentar