Disdikpora Seleksi Lanjutan Calon Paskibraka Tahun 2015

oleh -
Seleksi paskibraka Foto : Kandar
iklan dispar
Seleksi paskibraka Foto : Kandar
Seleksi paskibraka Foto : Kandar

WONOSARI, (KH) — Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul kembali mengadakan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2015, Senin, (27/4/2015). Setelah sebelumnya, 6-11 April lalu telah diterjunkan dua tim ke 30 sekolah SMA/MA/SMK untuk melakukan penjaringan.

Agung Danarta S. Sos, M. SE, Kabid Pemuda dan Olahraga ketika ditemui di ruangannya menuturkan, seleksi akan berlangsung selama 3 hari, Senin hari ini, hingga Rabu mendatang. Sebanyak 400 peserta calon Paskibraka yang dipilih akan melewati tahapan tes postur pada tahap 1 di hari pertama.

Seleksi pada tahap 1 yang dilaksanakan di aula SKB Gunungkidul akan dipilih sebanyak 120 peserta. Kemudian 120 peserta terpilih akan melanjutkan seleksi ke tahap 2 di hari berikutnya, yaitu mengikuti seleksi tes fisik dan pengetahuan yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Handayani.

“Tahap ke 3 atau terakhir, dari 120 peserta akan diambil 80 siswa yang memenuhi syarat melalui seleksi wawancara dan akademis. Mereka akan bertugas sebagai paskibraka kabupaten dan beberapa akan dikirim ke tingkat DIY untuk mengikuti seleksi nasional,” jelasnya.

Setelah tahapan seleksi, lanjutnya, akan dilakukan pembinaan bagi calon paskibraka DIY dari tanggal 4-5 Mei di SKB Gunungkidul. Sedangkan paskibraka kabupaten akan melakukan latihan selama kurang lebih  30 hari, dari 9 Juli hingga 9 Agustus 2015.

Ditambahkan, setelah latihan kurang lebih selama sebulan, akan dilakukan juga karantina atau pembinaan di asrama selama 7 hari, dari tanggal 12 hingga sehari setelah pelaksanaan tugas melakukan pengibaran dan penurunan Bendera Pusaka Merah Putih pada Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus.

“Setelah masa tugas selesai, diagendakan melakukan audiensi dengan Gubernur DIY. Sebagai antisipasi kami sampaikan di tahapan awal; jika ada peserta yang memiliki riwayat kesehatan kurang baik, diminta menyampaikan kepada panitia sedini mungkin,” tambah Agung.

Kegiatan seleksi ini selain sebagai penyelenggara, Disdikpora juga melibatkan beberapa unsur yang tergabung kedalam panitia di antaranya, Polres Gunungkidul, Kodim 0730, dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Gunungkidul. (Kandar)

Komentar

Komentar