Disdikpora Optimis, Tahun Ini Perbaiki Serapan Anggaran

oleh -
iklan dispar
Sekretaris Disdikpora Gunungkidul Bahron Rasyid. KH/Dwianjani.
Sekretaris Disdikpora Gunungkidul Bahron Rasyid. KH/Dwianjani.

WONOSARI,(KH) — Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul optimistis bisa menyerap dana APBD 2015 hingga angka 95 % hingga akhir tahun nanti.

Sekretaris Disdikpora Bahron Rasyid menjelaskan kepada KH (10/9), hingga awal kwartal ketiga ini, tercatat dinas baru menyerap dana sebesar 53,88 %. Sampai saat ini dinas meyakini bisa mengejar pekerjaan lantaran sejumlah kegiatan digelar di menjelang dan hingga triwulan ke-IV atau periode Oktober hingga Desember 2015.

Lebih lanjut Bahron menjelaskan, hingga hari ini capaian tersebut bisa dibilang lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Kendati ia tidak menunjukan detail capaian pada tahun sebelumnya, ia menjelaskan akan memperbaikinya pada tahun ini.

“Karena memang di tahun sebelumnya DAK sama sekali tidak terserap,” ucapnya.

Ia menjelaskan, Disdikpora mendapat anggaran sebesar Rp 817.817.984.536.030. Jumlah tersebut terdiri dari belanja tidak langsung yang berkisar Rp 639 miliar dan belanja langsung yang berkisar Rp 124 miliar. Untuk belanja langsung, Bahron menjelaskan sebagian dana digunakan guna peningkatan kapasitas daya dan disiplin aparatur, serta perjalanan dinas.

Sementara untuk DAK, Bahron menjelaskan penggunaan anggaran sudah berjalan meskipun masih terdapat sejumlah kendala, seperti Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah, di mana pemberian hibah untuk lembaga non pemerintah  harus diberikan ke lembaga yang berbadan hukum .

“Sebetulnya ada DAK untuk swasta, tapi kita terbentur Undang-Undang yang ada itu,” imbuhnya.

Bahron menambahkan hingga kini penggunaan DAK baru mencapai 25 % dari jumlah anggaran yang mencapai Rp 42 miliar. (Maria Dwianjani).

Komentar

Komentar