Disbudpar: Tidak Semua Pantai Bisa Menjadi Destinasi Wisata

oleh -
Pantai Sadranan. Foto: Tatang.
iklan dispar
Pantai Sadranan. Foto: Tatang.
Pantai Sadranan. Foto: Tatang.

WONOSARI,(KH) — Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul akan berhati-hati dalam membuka destinasi wisata pantai baru di Kabupaten Gunungkidul, meskipun sudah ada laporan masuk ada beberapa pantai baru di Gunungkidul yang telah ditemukan baik oleh warga sekitar maupun wisatawan.

Menurut A. Hari Sukmono, Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Disbudpar Kabupaten Gunungkidul, ciri khas dan kecantikan setiap pantai baru memang dapat menjadi permata bagi wisata Gunungkidul, juga berpotensi menambah PAD. “Namun demikian, tidak semua pantai dapat dijadikan destinasi pariwisata, meski pantai tersebut dapat menarik wisatawan untuk berkunjung,” ujarnya, Rabu (3/12/14).

Lebih lanjut Hari memaparkan, alasan tidak membuka pantai-pantai baru tersebut karena masalah konservasi lingkungan. Beberapa pantai baru sangat riskan untuk kelangsungan hidup biota laut dan satwa yang berada di sekitar pantai jika dibuka sebagai destinasi pariwisata. “Kita juga harus memperhatikan keseimbangan ekosistem pantai,” jelasnya.

Kepada KH, ia menuturkan, harus ada tempat singgah untuk biota laut seperti penyu ataupun keanekaragaman hayati pantai, sehingga keberadaan mereka tidak terganggu. “Kawasan Kabupaten Gunungkidul sendiri mempunyai panjang pantai kurang lebih 70 kilometer. Perlu dipikirkan juga akses pendaratan penyu guna bertelur dan berkembang biak agar populasinya tetap terjaga,” tuturnya.

Hari menegaskan, pengembangan pantai yang dibuka aksesnya dengan memudahkan wisatawan untuk berkunjung juga harus melihat habitat ekosistem yang ada di pantai tersebut. “Artinya terdapat beberapa pantai yang tidak bisa dijadikan sebagai obyek wisata,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk pantai yang baru saja dibuka untuk umum, fasilitas dan akses harus segera diperbaiki untuk memberi kemudahan wisatawan yang berkunjung. “Prinsipnya menjaga keseimbangan biota yang berada di pantai sama pentingnya dengan kemajuan sektor pariwisata di Gunubgkidul,” pungkasnya. (Atmaja/Jjw).

Komentar

Komentar