Diresmikan, 365 Mahasiswa Tercatat Masuk Ke Sekolah Vokasi UNY Gunungkidul

oleh -
Penandatanganan prasasti peresmian Gedung UNY oleh Bupati Gunungkidul, Badingah S.Sos dan Rektor UNY Prof Sutrisna Wibawa. (KH/Kandar)
iklan dispar

GUNUNGKIDUL, (KH),– Sebanyak 365 mahasiswa baru tercatat masuk ke Sekolah Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Gunungkidul. Dari jumlah total mahasiswa tersebut, 138 diantaranya berasal dari Gunungkidul, demikian kata Rektor UNY, Prof Sutrisna Wibawa ketika meresmikan gedung kampus baru di Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Senin, (31/8/2020).

“Selain dari Gunungkidul, pendaftar datang dari beragam daerah, mulai dari sekitar DIY hingga Madiun serta Jakarta. Target kuota untuk warga Gunungkidul hampir terpenuhi,” terang Sutrisna.

Gedung berlantai 4 yang baru saja selesai dibangun merupakan gedung utama.  Gedung tersebut memiliki luas total 2.049 meter persegi. Kedepan pengembangan akan dilanjutkan dengan membangun gedung perkuliahan di kanan dan kiri gedung utama.

“Proses pembangunannya dimulai sejak Februari lalu dan telah rampung sesuai target yang ditentukan,” imbuh Sutrisna.

Dirinya optimis, dengan pembangunan kampus UNY, kelak Gunungkidul menjadi kota satelit Jogja. Kota baru yang akan menjadi kota pelajar kedua di DIY setelah Jogja. Menjadi magnet investasi dan aktivitas perekonomian.

Direncanakan, proses perkuliahan akan dimulai pada September nanti. Seluruh mahasiswa di tahun pertama ini terbagi ke dalam 6 program studi (prodi) Vokasi yang dibuka.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNY, Prof. Dr. Edi Purwanta menambahkan pembangunan gedung kuliah kampus Gunungkidul tahap I secara administratif telah tuntas. Pembangunan ini memiliki kode tender 4548021, dan menelan biaya Rp 17.498.500.000.

Peninjauan salah satu gedung UNY Kampus Gunungkidul. (KH/Kandar)

Sementara itu, disela menandatangani prasasti dan memotong buntal sebagai penanda peresmian, Bupati Gunungkidul,  Badingah menyatakan, masyarakat umum serta yang tinggal di sekitar kampus Gunungkidul menyambut baik kehadiran UNY.

“Masyarakat Semanu bisa membuka warung, laundry, kos, menjual ATK dan lain-lain. Dagangan tersebut dapat dipastikan laris dan tahan lama, karena kelak akan ada sekitar 5.000-6.000 mahasiswa yang nantinya berkuliah di UNY Gunungkidul saat kampus ini beroperasi penuh,” ungkap Badingah.

Badingah melanjutkan, Yang utama, kampus Vokasi UNY Gunungkidul ini diharapkan mampu mencetak lulusan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berkualitas. Tak hanya sebatas siap bekerja, namun lulusan nanti juga dapat menciptakan lapangan kerja.

Forkompimda bersama civitas UNY serta undangan yang hadir pada agenda peresmian menyempatkan meninjau beberapa ruang gedung. baik gedung perkuliahan juga gedung kesekretariatan. (Kandar)

Komentar

Komentar