Dinsosnakertrans: Masyarakat Agar Waspada Terhadap Perusahaan Ilegal

oleh -
iklan dispar
Ilustrasi Bursa Kerja. www.tempo.co
Ilustrasi Bursa Kerja. www.tempo.co

WONOSARI,(KH)— Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Gunungkidul akan melakukan pengecekan terhadap perusahaan penyalur tenaga kerja yang bekerja sama dengan pihak sekolah ataupun instansi terkait.

Pengecekan terkait legalitas perusahaan dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penipuan, serta menjamin pencari kerja mendapatkan pekerjaan  seperti yang ditawarakan oleh perusahaan.

“Kita menghimbau kepada calon pencari kerja untuk waspada terhadap tawaran-tawaran pekerjaan. Jangan sampai masuk pada perusahaan ilegal,” kata Kepala Dinsosnakertans, Drs. Dwi Warna Widi, akhir pekan kemarin.

Dwi mengancam, Dinsosnakertrans Gunungkidul tidak akan memberikan rekomendasi jika nantinya perusahaan diketahui tidak sesuai dengan informasi yang diberikan kepada masyakat atau calon pencari kerja.

Tidak hanya itu, Dinsosnakertans Gunungkidul juga akan mengecek Bursa Kerja Khusus (BKK) yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). “Kita juga akan melakukan pengawasan jika ada perusahaan yang mengajukan penawaran melalui seleksi tersebut,” tambahnya.

Pengawasan tersebut lanjut Dwi, dimaksudkan untuk melindungi dan menjamin masyarakat memiliki jaminan hidup layak di lokasi perantauan. Dinsosnakertans akan selalu memastikan apakah kondisi perusahaan tersebut sesuai dengan yang disampaikan di Gunungkidul dan di lokasi perusahaan tidak dimanipulasi.

Untuk penguatan ekonomi di masyarakat, Dinsoskakertans Gunungkidul mempunyai program penyiapan tenaga kerja yang mandiri serta pembinaan kelompok usaha mikro kecil dan menengah. Dinas juga menawarkan program transmigrasi dengan tujuan wilayah Kalimantan Utara.

“Balai Latihan Kerja (BLK) siap mendidik masyarakat menjadi trampil. Semua program ini kita berikan untuk mengingkatkan ekonomi masyarakat,” katanya. (Juju)

Komentar

Komentar