Dinas Targetkan 300 Ribu Wisatawan

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunungkidul menargetkan 300 ribu wisatawan masuk ke Gunungkidul selama libur lebaran. Dari target tersebut 200 ribu wisatawan diharapkan akan memadati kawasan pantai.
Kepala Bidang Pengembangan dan Produk Wisata Disbudpar Gunungkidul Hari Sukmono memprediksi, lonjakan pengunjung  akan terjadi sejak H+1 lebaran. Disbudpar optimis target tersebut akan tercapai karena kawasan pantai selatan Gunungkidul saat ini masih menjadi primadona.
“Untuk menarik wisatawan  akan digelar beberapa hiburan di kawasan wisata pantai seperti kesenian tradisional dan orkes musik,” papar Hari, Kamis (17/7/2014).
Hari mengungkapkan untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan pihaknya mengaku telah melakukan koordinasi dengan dinas terkait seperti Kepolisian, TNI, Sat Pol PP dan Tim Search And Rescue (SAR). “Kami juga menyiapkan petugas kesehatan,” ungkapnya.
Untuk menjaga kenyamanan wisatawan, Disbudpar akan berkoordinasi dengan perangkat desa di sejumlah tempat wisata di Gunungkidul. Hari melanjutkan, untuk memecah kemacetan mulai dari Pantai Baron hingga Pulang Syawal akan didirikan dua pos keamanan.
Dikatakan dari target yang telah ditetapkan, lanjut Hari, 100 ribu wisatawan lainnya diperkirakan akan memadati obyek wisata non pantai seperti Gunung Api Purba Nganggeran, Sri Getuk, Goa Pindul dan lokasi lainnya.
“Selama libur lebaran tidak akan terjadi kenaikan tarif. Wisatawan tetap akan bisa menikmati tarif seperti hari-hari biasa,” jelasnya.
Lebih lanjut Hari menjelaskan, tarif retribusi pantai mulai dari Pantai Baron hingga Pantai Pulang Syawal yakni Rp 10.000,00. Sementara untuk Pantai Ngrenehan, Ngobaran, Siung dan Wedi Ombo akan ditarik Rp 5.000,00. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar