Dengkeng, Spot Rockfishing Incaran Para Pemancing

oleh -
Dengkeng, tubir yang yang menjadi incaran para penghoby rockfishing. Foto: Rado.
kadhung tresno
Dengkeng, tubir yang yang menjadi incaran para penghoby rockfishing. Foto: Rado.
Dengkeng, tubir yang yang menjadi incaran para penghoby rockfishing. Foto: Rado.

GIRISUBO, (KH)— Para penghoby mancing akan selalu memilih spot sebelum berangkat memancing, terutama rockfishing atau mancing karangan. Spot memancing karangan di pesisir selatan sangat banyak terutama di sekitar Pantai Wediombo. Salah satu spot incaran para pemancing karangan adalah Dengkeng.

Dengkeng terletak di Desa Jepitu, tepatnya di timur Pantai Dadapan. Untuk mencapai spot ini harus berjalan kaki sekitar dua puluh menit lewat Dusun Pendowo. Selain lewat Dusun Pendowo, juga bisa lewat Pantai Wediombo, tapi harus berjalan kaki sekitar satu setengah jam.

Para pemancing dari luar kota biasanya mencari orang setempat sebagai porter atau pemandu yang akan mengantarnya sampai ke spot ini. Dengkeng merupakakan daratan yang menjorok ke tengah laut dengan ketinggian sekitar 50 meter. Dengan lokasi yang menjorok ke tengah laut, spot ini menjadi incaran para pemancing, karena bawah tebing sudah dalam seperti ditengah laut.

Untuk jenis ikan yang ada di spot ini sangat beragam, di antaranya kakap, kerapu, barakuda, tengiri dan layaran.

Selai spot ideal untuk mancing, Dengkeng juga menyajikan keindahan alam dan karang. Dari puncak dengkeng, bisa dilihat pantai dan karang yang berjajar indah. Di dengkeng juga bisa melihat penyu, ikan lumba-lumba dan mrutu sewu jika beruntung. Mrutu sewu adalah sebutan masyarakat setempat untuk ikan paus tutul. (Rado).

Komentar

Komentar