Cegah Penularan COVID-19, Ratusan Karyawan Pamela 9 Dirapid Test

oleh -
Pemeriksaan RDT di pusat perbelanjaan. (KH)
iklan dispar

WONOSARI, (KH),– Mengantisipasi terjadinya penularan COVID-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan rapid test terhadap ratusan karyawan swalayan Pamela 9 di Wonosari, Rabu, (17/6/2020).

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinkes Gunungkidul, Diah Prasetyorini mengungkapkan, pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) di pusat perbelanjaan menjadi program Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Gunungkidul untuk mmencegah dan mengendalikan wabah COVID-19.

“Sebelumnya pemeriksaan juga dilakukan di Pasar Argosari, Wonosari. Direncanakan akan dilakukan pula di swalayan yang berada di Patuk, Gunungkidul,” kata Diah.

Karyawan, lanjut Diah, yang mengikuti pemeriksaan RDT ada 105 orang. Mereka yang hasil Rapid Test-nya reaktif akan langsung didaftar untuk mengikuti proses pengambilan spesimen swab di RSUD Wonosari.

Pihaknya akan meminta karyawan yang reaktif untuk dikarantina di Wisma Wanagama. Namun, jika cukup siap diperbolehkan melakukan karantina secara mandiri.

“Rapid test ini bagian dari pencegahan bukan dalam rangka tracing,” tandas Diah.

Sementara itu, Brand Manager Pamela 9 Wonosari, Ngatno mengatakan, selain dijadikan sebagai langkah antisipasi, rapid test juga dijadikan pertimbangan untuk menentukan kebijakan operasional swalayan.

Koordinasi akan terus dijalin dengan Dinkes agar upaya antisipasi berjalan efektif. Dalam kesempatan tersebut dirinya juga menegaskan bahwa isu yang beredar bahwa ada karyawan yang terjangkit COVID-19 tidak benar.

“Kabar bahwa karyawan kami terkena COVID-19 itu bohong,” bantah Ngatno disela pemeriksaan RDT. (Kandar)

Komentar

Komentar