Bupati Gunungkidul Ingin Tiru Kesuksesan Kabupaten Malang

oleh -
studi banding
Bupati Gunungkidul Sunaryanta bertukar cindera mata dengan Bupati Kabupaten Malang, Drs. H.M Sanusi. (dok. Humas Kominfo Gunungkidul)
iklan golkar idup fitri

MALANG, (KH),– Kabupaten Malang di Jawa Timur dinilai punya beberapa kemiripan dengan Kabupaten Gunungkidul, mulai dari topografi wilayah, bentang alam, potensi wisata serta kultur masyarakatnya. Perkembangan berbagai aspek serta pretasi kinerja komponen perangkat pemerintah Kabupaten Malang menarik perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul. Untuk mengetahui lebih mendalam mengenai program pembangunan di Malang, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta melakukan kunjungan kerja, Jumat, (11/3/2022).

Sunaryanta datang ke Malang bersama Bapeda, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Forum Wartawan Kabupaten Gunungkidul.

Kedatangan Sunaryanta dan rombongan diterima oleh Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM di rumah dinas bupati. Dalam kesempatan tersebut banyak hal yang dibicarakan salah satunya mengenai potensi wisata, program percepatan pembangunan daerah, keterbukaan infomasi publik hingga pengelolaan sampah.

“Di Kabupaten Malang, seluruh program di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa diakses atau diketahui OPD lain. Sehingga penyelarasan program yang ada dapat dilakukan. Intinya saling melengkapi,” kata Bupati Malang, Drs. H.M Sanusi.

Pihaknya juga mengatakan, kekompakan antar OPD tersebut mengantarkan Pemkab Malang mendapatkan 24 penghargaan yang diterima masing- masing dinas. Selain itu tertib administrasi juga menjadi kunci Pemkab Malang berturut- turut mendapatkan predikat WTP tujuh kali berturut-turut.

“Peran media sangat penting. Mereka ikut serta partisapasi membangun kabupaten kota. Melalui komunikasi yang efektif, mereka ikut membantu memberikan informasi kepada masyarakat mengenai program yang berjalan,” katanya.

Menurut Sanusi, Gunungkidul dan Malang memiliki topografi wilayah yang sama. Berada di wilayah perbukitan, memiliki garis pantai yang panjang, perkembangan pariwisatanya cukup baik serta kultur sosial kemasyarakatan yang hampir sama.

“Banyak kemiripan, banyak hal yang bisa direplikasi ,” ujar dia.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, tujuan dari studi banding yang dilaksanakan salah satunya untuk memperkuat hubungan antar daerah. Jejaring perlu ditingkatkan terutama tentang rencana program kegiatan kondisi wilayah masing- masing.

“Kita membangun sinergitas. Memang ini baru kunjungan pertama tapi hubungan ini akan terus kami jalin. Saya juga meminta pak Bupati Malang berkunjung ke Gunungkidul,” kata Sunaryanta. (Bara)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar