Belimbing Wuluh, Obat Batuk Alami

oleh -
kadhung tresno

Penulis: Heri Purnomo.

KABARHANDAYANI,– Belimbing wuluh atau sering disebut belimbing sayur adalah salah satu jenis belimbing yang biasanya dimanfaatkan sebagai penyedap makanan. Belimbing wuluh merupakan tumbuhan yang dapat hidup dan tumbuh secara bebas di Indonesia.

Belimbing wuluh yang berbentuk bulat lonjong ini memiliki rasa asam yang kuat, sehingga sering digunakan para ibu untuk menguatkan rasa makanan mereka. Averrhoa Bilimbi L adalah nama latin dari belimbing wuluh. Buah ini mengandung beberapa vitamin yang berkhasiat untuk menyehatkan badan, terutama vitamin C. Selain vitamin, belimbing wuluh juga mengandung beberapa mineral, seperti: kalsium, potasium, serta fosfor.

Secara tradisional, masyarakat Gunungkidul juga memanfaatkan belimbing wuluh sebagai obat batuk bagi anak anak. Caranya adalah belimbing wuluh dicuci, kemudian dipotong-potong dan disedu dengan air panas. Agar rasa tidak terlalu asam dapat ditambahkan gula batu. Setelah dingin baru diminumkan pada anak anak. Ini bisa dilakukan 2 kali sehari.

Resep alternatif ini barangkali bermanfaat, khususnya bagi para orang tua yang memiliki anak yang sulit atau tidak mau minum obat.

_________

Penulis adalah wartawan Kabarhandayani berdomisili di Jepitu Girisubo.

Komentar

Komentar