Belasan Hewan Kurban di Gunungkidul Ditemukan Bercacing dan Suspek PMK

oleh -1544 Dilihat
oleh
Kurban
Pemeriksaan bewan kurban oleh petugas kesehatan hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gunungkidul. (Istimewa)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Ribuan hewan kurban disembelih pada momentum Idul Adha di Gunungkidul tahun 2022 ini. Kambing merupakan jenis hewan kurban terbanyak yang disembelih.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Gunungkidul, Wibawanti menyampaikan, jumlah kambing yang disembelih ada sebanyak 3.342 ekor.

“Sementara hewan kurban sapi ada 1.508 ekor, lalu 28 ekor diantaranya berjenis domba,” rinci dia, Minggu (10/7/2022).

Adapun total hewan kurban yang disembelih mencapai 4.878 ekor. Rekor jumlah titik penyembelihan terbanyak berada di Kapanewon Semanu. Di sana terdapat 137 titik pemotongan hewan.

Berdasar pantauan tim DPKH dan Puskeswan, terdapat belasan hewan kurban yang disembelih terdapat cacing dan juga teridentifikasi suspek Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kategori ringan.

Secara umum, bagian tubuh yang terdapat cacing ada di jerohan. Dia meminta agar bagian organ tersebut tidak dikonsumsi tetapi dikubur saja dalam tanah. Sementara bagian daging tetap aman dikonsumsi asal dimasak hingga matang.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, DPKH Gunungkidul, Retno Widyastuti mengungkapkan, sejauh ini pihaknya menerima laporan ada 11 hewan yang bercacing serta suspek PMK.

“Ada 11 kasus infestasi cacing. Terdiri dari 9 ekor sapi kategori ringan, 1 sapi kategori sedang dan 1 kambing lainnya kategori ringan,” tutur Retno.

Tak hanya itu, terdapat pula 1 kambing dan 1 sapi suspek PMK ringan. Sementara ada pula 1 kambing bercacing pita.

Retno juga berkata, data tersebut masih bersifat sementara. Karena bisa jadi pada waktu penyembelihan setelah hari ini masih ditemukan kasus serupa. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar