Antisipasi Bencana, Pemkab Gunungkidul Gelar Apel Kesiapan

oleh -
iklan dispar

Apel Persiapan

WONOSARI, (KH) — Adanya beberapa titik rawan bencana di Kabupaten Gunungkidul membuat pemerintah Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan Kodim 0730/GK dan POLRES Gunungkidul untuk selalu siap siaga dalam menghadapi bencana.

Apel Kesiapsiagaan penanggulangan bencana dilakukan di lapangan alun-alun kantor Pemerintah Kabupaten Gunungkidul yang diikuti oleh pasukan dari TNI, Polres, Satpol PP, BPBD,  PU, DAMKAR, Tagana, SAR, PMI, FKPPI, KoKam, Banser dan perwakilan dar Senkom sebanyak 300 orang. Dalam apel tersebut juga dilakukan kesiapsiagaan kendaraan yang bisa digunakan saat terjadi bencana.

Wakil Bupati Drs.H.Immawan Wahyudi M.kum selaku inspertur upacara menyampaikan, wilayah Kabupaten Gunungkidul rawan terhadap bencana alam terutama tanah longsor dan angin puting beliung. Beberapa titik rawan perlu diperhatikan secara khusus, seperti yang terdapat di beberapa Kecamatan di Gunungkidul.

“Untuk bagian barat, meliputi Kecamatan Patuk, Gedangsari dan Nglipar. Sedangkan untuk wilayah utara, meliputi Kecamatan Ngawen, Semin dan Ponjong,” ucapnya saat menyampaikan amanat upacara. Selasa (27/01/2015).

Medan yang sulit, diharapkan dapat diantisipasi dengan adanya kendaraan yang bisa membantu dalam proses evakuasi saat terjadi sebuah bencana. Pemeliharaan kondisi kendaraan, seperti mobil ambulance, dan mobil pemadam kebakaran, serta kendaraan lainnya perlu diperhatikan untuk antisipasi, jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Maka dari itu kami berharap kepada pihak TNI, POLRI, BPBD dan elemen terkait untuk saling Bahu membahu dan Kerjasama mengatasi setiap terjadinya Bencana Alam di Gunungkidul ini. “Bencana datang secara tiba-tiba. Yang bisa kita lakukan hanya waspada dan siap siaga,”

Ia menambahkan, untuk semua instansi dan lapisan masyarakat agar bisa bersatu dalam menanggulangi bencana. “Dengan adanya koordinasi yang dilakukan pada hari ini, harapannya jika terjadi sebuah bencana, kerjasama dapat berjalan dengan baik” pungkasnya. (Atmaja/Tty)

Komentar

Komentar