Bencana Hidrometeorologi di Gunungkidul Sebabkan Belasan Rumah Rusak

oleh -
oleh
bencana
Warga dan relawan kebencanaan sedang melakukan evakuasi pohon tumbang. (dok. BPBD Gunungkidul)
iklan dprd

GUNUNGKIDUL, (KH),– Hujan ringan hingga lebat yang disertai angin kencang di Kabupaten Gunungkidul menyebabkan bencana di berbagai wilayah. Bencana Hidrometeorlogi ini membuat sejumlah fasilitas seperti rumah warga, jalan hingga jaringan listrik terdampak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Purwono menyampaikan, hujan disertai angin kencang terjadi di Kabupaten Gunungkidul sejak Jumat (8/3/2024) sore.

Hujan hampir merata. Bahkan di beberapa titik, angin yang berhembus cukup kencang. Akibatnya, pohon tumbang terjadi dan mengenai rumah hingga menutup akses jalan

“Ada 18 titik pohon tumbang mengenai rumah warga. Pohon tumbang juga menutup akses jalan terjadi di 6 titik,” terang Purwono, Sabtu (9/3/2024).

iklan golkar idul fitri 2024

Selain itu, pohon yang roboh menimpa jaringan listrik terjad di 3 titik. Sementara 1 bangunan kios juga mengalami kerusakan usai tertimpa pohon yang roboh karena tertiup angin.

“Rumah yang rusak mulai dari skala ringan hingga berat,” jelas dia.

BPBD Meminta Masyarakat Waspadai Bencana Hidrometeorologi

Pihaknya menghimbau agar masyarakat waspada dan memantu cuaca setiap saat. Pohon yang batanggnya lapuk serta cabang yang berlebih agar segera dipangkas.

“Apabila sedang hujan disertai angin kencang dan petir, warga agar menghindari pohon berukuran besar, tiang listrik, baliho hingga kawasan yang rentan longsor,” imbuhnya.

“Saluran air juga perlu diperhatikan, jangan sampai macet sehingga berisiko menimbulkan banjir,” tukas dia. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar