Angka Kriminalitas di Gunungkidul Selama 2020 Menurun

oleh -
Jumpa pers Polres Gunungkidul. (KH/ Edi Padmo)

WONOSARI, (KH),— Bertempat di gedung BMT Ummat, Wonosari, Gunungkidul, Rabu (28/12/2020) Polres Gunungkidul mengadakan acara Jumpa Pers akhir tahun 2020. Jumpa pers yang dipimpin oleh Kapolres Gunungkidul, AKBP Agus Setiawan S.I.K, di hadiri oleh awak media, Kabag, Kasat, Kasi dan Kapolsek yang menjabat di seluruh Polsek Gunungkidul.

Dalam sambutannya Kapolres Gunungkidul menyampaikan bahwa secara umum, situasi Kamtibmas Gunungkidul di tahun 2020 ini dalam suasana yang kondusif, aman dan terkendali. Agus juga menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada semua pihak, atas suksesnya perhelatan Pilkada Gunungkidul 2020.

Di kesempatan ini juga disinggung soal kenaikan angka penderita Covid 19 di Gunungkidul yang akhir-akhir ini naik signifikan,

“Keadaan secara umum, di tahun 2020 situasi Kantibmas di Gunungkidul aman terkendali, perhelatan Pilkada juga sukses, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut menjaga kondusifnya keadaan Gunungkidul,” ujar Agus.

Agus juga menyatakan masih meminta dukungan sepenuhnya untuk pengamanan suasana akhir tahun diantaranya terkait Kamtibmas dan kerumunan masa demi menekan penyebaran Pandemi.

“Sesuai Maklumat Kapolri dan Instruksi Gubernur DIY, pada perayaan Tahun baru dilarang adanya arak-arakan, konvoi, pesta kembang api, dan kegiatan lain yang mengundang kerumunan masa,” lanjut Agus.

Kegiatan perayaan pergantian tahun harus sesuai aturan, yaitu pembatasan jumlah peserta dan jam kegiatan yang dibatasi sampai jam 10 malam. “Walau Gunungkidul masih zona Orange terkait Pandemi, dan angka pasien Covid-19 masih paling rendah di antara kabupaten lain, tapi kita jangan terlena,” tandas Agus.

Polres Gunungkidul sampai saat ini masih gencar untuk menghimbau kepada masyarakat tentang patuh terhadap Protokol Kesehatan, diantaranya dengan menggelar operasi Yustisi kesehatan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Agus berharap Pandemi segera berakhir, semua dijauhkan dari wabah dan dapat dilewati dengan baik.

Perwakilan dari Media, Taryono, jurnalis Bernas. com menyampaikan ucapan terimaksih atas perhatian Polres terhadap media, diharapkan ke depan kerjasama Pihak Kepolisian dan media akan semakin terjalin baik, saling mengisi dan melengkapi. Sebab, menurutnya media merupakan ujung tombak dalam pemberitaan dan informasi kepada masyatakat luas.

Gambaran umum situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Gunungkidul disampaikan PA Staf Polres Gunungkidul, Kompol Sunarto. Sunarto menyebutkan, sampai akhir tahun 2020, segala hal yang mencakup kejahatan terhadap kekayaan negara, kasus yang berimplikasi kontijensi maupun kecelakaan/ pelanggaran Lalu lintas serta kasus kasus yang menjadi atensi pimpinan Polri yang dijadikan sebagai sasaran prioritas secara kualitatif pada dasarnya masih terkendali dan kondusif. Meskipun tetap di akui, secara kuantitas ada beberapa kasus yang mengalami peningkatan jumlah serta ada beberapa masalah yang belum bisa diselesaikan.

Instruksi kepada masing-masing Kapolsek, agar di tahun 2021 mendatang, beberapa permasalahan-permasalahan yang belum terselesaikan agar menjadi prioritas.

“Ada beberapa masalah yang butuh penanganan ekstra, dan segera untuk diantisipasi, karena berpotensi mengganggu ketentraman masyarakat,” tandas Sunarto.

Di sampaikan Sunarto bahwa angka Kriminalitas keseluruhan di Gunungkidul sepanjang tahun 2020, mengalami penurunan sebesar 22,7 persen. Dari 242 kasus di tahun 2019, menjadi 187 kasus di tahun 2020.

“Crime total atau jumlah tindak pidana yang di laporkan mengalami penurunan 55 kasus. Sementara untuk angka penyelesaian perkara, di tahun 2019 mencapai 170 perkara, di tahun 2020 menurun menjadi 151 perkara,” lanjut Sunarto.

Menurut data yang disampaikan, penanganan kasus masih didominasi oleh satuan di Polres Gunungkidul dengan jumlah 85 kasus. Selanjutnya Polsek Playen ada 17 kasus, dan Polsek Purwosari dengan 12 kasus.

Adapun angka kasus atau kerawanan keamanan di wilayah Polsek Rongkop dan Girisubo untuk tahun 2020 ini nihil. [Edi Padmo]

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar