Anggota Rubasan Dilatih Untuk Memadamkan si Jago Merah

oleh -
latihan pemadaman kebakaran. Foto : Atmaja.
kadhung tresno
latihan pemadaman kebakaran. Foto : Atmaja.
latihan pemadaman kebakaran. Foto : Atmaja.

WONOSARI, (KH) — Mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran, sebanyak 17 personil Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rubasan) kelas 2 A mengadakan simulasi memadamkan api. Bersama pihak Pemadam Kebakaran Kabupaten Gunungkidul, simulasi dilakukan di lapangan parkir Balai Desa Kepek, Kecamatan Wonosari.

Ditemui saat melakukan simulasi, Dwi Jatmoko selaku kepala Rubasan mengatakan, simulasi dilakukan dalam rangka pembelajaran bagi para personil Rubasan jika terjadi sebuah kebakaran. Personil dilatih bagaimana memadamkan api dengan cara sederhana seperti menggunakan karung basah untuk memadamkan api.

“Persoalan yang harus diselesaikan untuk mengantisipasi kebakaran, yakni belajar bagaimana cara memadamkan api dengan cara yang benar,” katanya, Rabu (11/02/2015).

Selain latihan basah, juga dilakukan pelatihan sosialisasi penanganan api di dalam kelas dengan didampingi oleh pihak Damkar Kabupaten Gunungkidul. Ia menambahkan, perlu diadakan latihan lanjutan agar personil dapat lebih matang jika terjadi kebakaran.

“Dengan adanya kerjasama dengan pihak Damkar, harapannya personil Rubasan mendapatkan ilmu terkhusus untuk penanggulangan, jika di dalam kantor Rubasan terjadi sebuah kebakaran. Kerjasama dengan Damkar dapat terus dilakukan secara intensif,” jelas Dwi.

Sementara itu, Kepala Upt Pemadam Kebakaran Kabupaten Gungungkidul, Diyono, SE menjelaskan, beberapa kerjasama dengan masyarakat membantu pihak Damkar. Pasalnya, dengan adanya kerjasama tersebut diharapakan masyarakat bisa mengerti bagaimana cara menangani api dengan benar sesuai dengan prosedur yang sudah diajarkan.

“Juga untuk sosialisasi nomer pemadam kebakaran kepada masyarakat umum,” jelasnya. Lebih lanjut Diyono menambahkan, salah satu kendala jika terjadi kebakaran adalah belum banyak masyarakat yang mengetahui nomer telepon Pemadam Kebakaran.

Kepada masyarakat yang ingin mengadakan sosialisasi lanjut dia, Damkar siap membantu. “Kepada masyatakat maupun instansi terkait yang ingin mengadakan sosialisasi penanganan kebakaran dini dapat menghubungi Upt Pemadam Kebakaran dengan nomer 02744391113. Noner tersebut juga bisa digunakan untuk menghubungi pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran disuatu tempat,” tandas dia (Atmaja)

Komentar

Komentar