Anggota Panwascam Ini Merangkap Jadi Timses Salah Satu Calon Bupati

oleh -
Ilustrasi
iklan dispar
Ilustrasi
Ilustrasi

WONOSARI, (KH) — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Gunungkidul mendapat laporan sekaligus temuan, bahwa ada salah satu anggotanya yang berada di kecamatan merangkap sebagai anggota timses salah satu paslon bupati.

Anggota Panwaslu Kabupaten Gunungkidul, Ton Martono menjelaskan, anggotanya tersebut bernama Tumin dan terakhir diketahui tercatat sebagai anggota timses dari pasangan Ba-Im dalam daftar nama para anggota timses yang dimiliki Komisi Pemilihan Umum.

Hal ini terungkap saat dilakukan Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU), saat penentuan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kecamatan Ponjong 31 Agustus 2015 lalu. Dalam rapat tersebut juga diundang timses dari masing-masing calon dan Panwascam Ponjong. Saat itulah ditemukan nama sama di dalam keanggotaan Panwascam dan Timses Badingah-Immawan, yakni Tumin Hadiwijoyo. Setelah ditelusuri, nama tersebut memang berasal dari satu orang.

“Ia mengakui. Namun, ia menegaskan, bahwa ia tidak terlibat menjadi timses paslon manapun,” ujarnya, Rabu (09/09/2015).

Kendati demikian, Ton menjelaskan, akan memperhatikan anggota-anggotanya pada masa kampanye ini. Apabila terbukti terlibat dalam masa kampanye, pihaknya tidak tanggung-tanggung akan melakukan Pergantian Antar Waktu terhadap Tumin.

Ditempat lainnya, Ketua Timses Ba-Im, Arif Setiadi membantah dan menyatakan dirinya tidak mengenal anggota timses dengan nama Tumin. Namun, Arif menambahkan, ada begitu banyak nama yang diserahkan kepada KPU Kabupaten Gunungkidul sebagai timses Ba-Im, dan ia belum menghafalnya satu per satu.

“Saya tidak begitu hafal,” terangnya. (Maria Dwianjani)

Komentar

Komentar