Panggang Gencar Bangun Pabrik

oleh -
iklan dispar

PANGGANG, (KH) — Pembangunan beberapa pabrik di wilayah Kecamatan Panggang dimulai. Pembangunan tersebut merupakan realisasi penggunaan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) pola khusus Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan di Indonesia (MP3KI).
Ada tiga jenis pabrik yang sedang dibangun, yaitu pabrik tepung mocaf, pabrik pupuk organik, dan pabrik bio gas. Seperti yang nampak di Padukuhan Legundi Desa Girimulyo Panggang, pembangunan Gedung Pabrik pupuk organik sedang dikerjakan.
Gunawan, Camat Panggang menyampaikan, sesuai dengan tujuan program MP3KI, diharapkan keberadaan pabrik tersebut nantinya dapat meningkatkan perekonomian warga, sehingga angka kemiskinan dapat ditekan semaksimal mungkin.
“Operasional pabrik berbasis masyarakat merupakan salah satu asas pendirian pabrik, sehingga tenaga kerja saat pembangunan dan tenaga produksi jika telah berjalan berasal dari wilayah Panggang,” katanya, Sabtu, 11/10/2014.
Ia menambahkan, pabrik pupuk organik akan menghabiskan dana sebesar Rp 860.806.000, sesuai jadwal yang ditentukan akan selesai dalam kurun waktu 3 bulan. Di tempat tersebut akan dipelihara ratusan sapi sebagai penghasil bahan baku pupuk, yaitu kotorannya.
Terkait waktu pembangunan, Ia mengaku khawatir dengan target yang harus selesai akhir Bulan Desember. Pihaknya bersama Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) akan terus memantau perkembangan pembangunan.
“kinerja tenaga kerja sebanyak 55 orang  saya harap dapat maksimal. Bukan tergesa-gesa, kita ingin kerja cepat namun kualitas tetap menjadi prioritas,” Tandasnya. (Kandar/Tty)

Komentar

Komentar