Alokasi Tidak Tepat, Sumur Bor Mangkrak

oleh -
Sumur Bor di Pulutan.Foto:Kandar
iklan dispar
Sumur Bor di Pulutan.Foto:Kandar
Sumur Bor di Pulutan.Foto:Kandar

WONOSARI, (KH) — Meski telah dibangun  dengan dana puluhan juta dari dana PNPM pada tahun 2008, keberadaan sumur bor di areal ladang/sawah Desa Pulutan ini mangkrak tak terpakai.

Salah satu petani yang memiliki ladang berdekatan dengan sumur, Agus menyayangkan hal tersebut, Seingatnya, sumur itu terpakai tak lebih dari satu tahun.

“Terpakai hanya sekitar hampir satu tahunan, itupun jarang,” katanya Minggu, (18/1).

Sedianya sumur tersebut dimanfaatkan ketika musim kemarau untuk mengairi tanaman sayuran warga. Ketersediaan air yang cukup di sumur pribadi milik warga yang berada di ladang membuatnya jarang terpakai.

Sulitnya perawatan dan pengoperasian mesin pompa air juga menjadi salah satu penyebabnya. “Selain itu debit air juga tidak stabil,” jelasnya.

Terpisah Tri Untoro Kades Pulutan mengutarakan, tujuan awal pembangunan sumur selain diperuntukkan bagi petani sayur juga untuk dijual kepada penyedia jasa tangki air saat kemarau,   tapi kenyataannya kini mangkrak.

“Kenyataannya tidak tepat sasaran, skala prioritas sepertinya kurang diperhatikan ketika mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sumur tersebut,waktu itu” tandasnya. (Kandar)

Komentar

Komentar