Akibat Hujan Deras, Tanggul Rumah Warga Tanjungsari Longsor

oleh -
Bencana longsor di Tanjungsari. (foto: istimewa/BPBD)
ucapan natal smkn 3 wonosari

TANJUNGSARI, (KH),– Hujan deras yang mengguyur wilayah Kapanewon Tanjungsari membuat tanggul rumah Suroto longsor. Bencana ini terjadi hari ini, Rabu 25 November 2020, sekitar jam 13 45 WIB.

Korban, Suroto (42) merupakan warga Dusun Ngelo, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Dari hasil laporan Assesment tim TRC BPBD Gunungkidul, dilaporkan, akibat hujan deras, air menggerus  tanggul, akibatnya dengan longsornya tanggul membuat bangunan dapur ambrol, dan mengancam bangunan rumah utama.

Karena ancaman longsor ini berpotensi berbahaya untuk semua bangunan rumah, saat ini Suroto dan keluarganya untuk sementara mengungsi di tempat saudara. Dari keterangan Sumargono, tetangga korban, panjang tanggul rumah yang longsor sekitar 10 meter dengan tinggi 8 meter.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Surisdiyanto menginformasikan, kerugian ditaksir mencapai sekitar Rp 20 juta. Saat ini evakuasi sudah dilakukan oleh TRC BPBD Gunungkidul, Tagana, tim PB Kalurahan Kemadang, dan warga masyarakat sekitar.

100-an orang yang berasal dari berbagai unsur termasuk warga melakukan kegiatan penanganan. Direncanakan kegiatan tersebut akan dilanjutkan besok pagi.

“Kebutuhan mendesak di lokasi bencana saat ini adalah logistik, peralatan dapur, bronjong, dan terpal,” kata Surisdiyanto menambahkan. [Edi Padmo]

Komentar

Komentar