Ada Jalan Tol di Desa Playen

oleh -
Jalan Tol Ke Ladang di Desa Playen. Foto: Sarwo.
iklan dispar
Jalan Tol Ke Ladang di Desa Playen. Foto: Sarwo.
Jalan Tol Ke Ladang di Desa Playen. Foto: Sarwo.

PLAYEN,(KH)— Desa Playen ternyata memiliki jalan tol. Ruas jalan tol tersebut adalah jalan desa menuju ke ladang pertanian di Desa Playen Kecamatan Playen.

Pantauan KH pada Minggu pagi (07/12/14), setiap melewati jalan ke ladang tersebut, untuk mobil colt membayar tol sebesar Rp 5 ribu, dan untuk truk membayar tol Rp 10 ribu kepada Subiarta atau Gunadi, warga RT 07/02 Desa Playen.

Kepala Dusun Playen I Suharjono, ketika ditemui KH membenarkan pengenaan tarip jalan (tol) menuju ladang pertanian tersebut. Untuk sekali lewat Rp 5 ribu untuk pickup/colt dan untuk truk Rp 10 ribu.

Dana tersebut digunakan untuk pemeliharaan ruas jalan desa ke ladang tersebut. “Kalau tidak ditarik dana, siapa yang bakal memperbaiki jalan tersebut?, ujar Suharjono. Ia menuturkan, para pengguna jalan membayar tarip tersebut dengan iklas, mereka pasti membayar setiap lewat.

“Khusus sepeda motor dan sepeda onthel gratis,” imbuh Suharjono. Pantauan KH, ada petani yang ke ladang membawa sepeda motor dan sepeda ontel.

“Dengan tarip jalan tol ke ladang, setiap ada kerusakan jalan segera diperbaiki, tidak menunggu jalan sampai rusak parah,” tambah Subiarto, yang bertugas sebagai penerima tarip masuk ke jalan tol. Di jalan masuk ke ladang tersebut, terlihat ada portal dari bambu yang dapat dibuka dan ditutup.

Warga Dusun Playen I saat ini sedang sibuk pertanian termasuk menanam bibit sorgum dan padi dari BATAN. (Sarwo/Jjw).

Komentar

Komentar