Sedekah Laut Pantai Selatan, Endah Subekti Terlibat Beri Dukungan

oleh -2368 Dilihat
oleh
sedekah laut
Endah Subekti Kuntariningsih ikut dalah tradisi Sedekah Laut. (KH)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Nelayan di pantai selatan Kabupaten Gunungkidul menggelar tradisi Sedekah Laut, Senin (7/10/2024). Upacara yang dilaksanakan di Pantai Baron ini merupakan wujud syukur nelayan atas hasil laut dan hal-hal baik yang diperoleh selama ini.

Perwakilan nelayan, Sumardi menyebut, rangkaian Sedekah Laut diantaranya berupa kirab gunungan, kenduri dan larungan gunungan serta sesaji ke lautan.

“Kegiatan ini wujud syukur kami karena telah mendapat hasil laut dari aktivitas penangkapan ikan baik siang maupun malam. Bersyukur pula atas keselamatan, kesehatan dan hal-hal baik yang lain,” ungkap Sumardi ditemui selepas prosesi larungan.

Gunungan berjumlah 9. Isinya ada kepala kambing, tumpeng, baju khas Jawa, ayam dan aneka jajanan pasar.

“Semua ditebar atau dilarung ke laut sebagai simbol syukur,” jelasnya.

Banyak pihak hadir dalam agenda tradisi ini. Mulai dari pemerintah kalurahan setempat, perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pariwisata dan lain-lain.

Sumardi menambahkan, tradisi Sedekah Laut dilaksanakan scara turun-temurun. Dalam satu tahun digelar satu kali baik menjelang musim panen atau setelah selesai musim panen ikan.

Tokoh masyarakat, Endah Subekti Kuntariningsih turut hadir dan terlibat dalam pelaksanaan seluruh ritual yang menjadi rangkaian Sedekah Laut.

Endah pun ikut serta dalam prosesi larungan ke laut lepas menggunakan perahu jukung. Calon Bupati Gunungkidul nomor urut 1 ini selain dekat dengan nelayan pantai selatan juga memiliki kepedulian terhadap pelestarian adat dan tradisi lokal.

“Saya hadir memberikan dukungan. Sedekah Laut merupakan adat tradisi wujud do’a dan syukur nelayan termasuk warga di kawasan pesisir,” ujar Endah.

“Selama ini nelayan dan pelaku usaha di Pantai Baron dan sekitarnya telah diberi berkah dari alam semesta (laut). Kami juga turut berdoa agar nelayan dan semua warga pesisir selalu diberi kemudahan dalam berikhtiar mencari rezeki.”

Setelah segenap rangkaian ritual terlaksana, agenda Sedekah Laut dilanjutkan dengan pentas seni musik untuk menghibur siapapun yang hadir di Pantai Baron. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar