7 Rekomendasi Bahan Mukena yang Adem dan Nyaman

oleh -
mukena
ilustrasi (Source via: https://pixabay.com/id/photos/orang-islam-mengaji-muslimah-suci-1202130/)
iklan golkar idup fitri

Saat ini, bahan mukena semakin beragam dan diminati banyak orang. Setiap orang memiliki mukena favorit dengan bahan tertentu dan desain elegan. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih mukena yang nyaman dan adem digunakan sehingga shalat bisa khusyuk.

Rekomendasi Bahan untuk Mukena yang Nyaman Digunakan

Membeli mukena bisa kapan dan dimana saja, baik di toko terdekat maupun secara online. Agar tidak tertipu bahan, Anda perlu mengenali beragam bahan sehingga tidak mudah tertipu marketing penjual. Berikut, ada jenis bahan yang nyaman dan adem:

1.     Katun Paris

Bahan katun paris terbuat dari material 100 % yang tipis lantaran terbuat dari benang kecil. Umumnya menggunakan benang katun 60s, jenis benang tersebut kerap digunakan untuk membuat mukena maupun produk hijab.

Mukena dengan katun paris membuat Anda nyaman selama sholat karena bahannya tipis dan membuat semilir angin menerobos masuk ke tubuh Anda. Pastinya, Anda akan merasa nyaman menggunakan mukena dalam waktu cukup lama.

2.     Katun Jepang

Mukena dengan bahan katun jepang paling digemari kaum wanita karena keunggulannya beragam. Bahkan bahan tersebut digemari para pengusaha konveksi lantaran produksinya digemari masyarakat luas, baik untuk pembuatan mukena, gamis, hijab dan lainnya.

Katun jepang terbuat dari 90 sampai 100 persen katun berkualitas sehingga nyaman digunakan. Pastinya, mukena tidak panas, tidak berbulu dan halus. Anda bisa membeli mukena untuk diri sendiri dan anak perempuan karena menjamin kenyamanan si kecil selama mengenakan mukena.

3.     Katun Silk

Katun silk juga digemari kaum wanita dan marak dijadikan mukena karena mengandung 50% serat cotton dan 50 % serat sutra asli. Hal tersebut membuatnya licin, adem, ringan dan lembut layaknya sutera. Anda bisa membeli mukena di toko pakaian terdekat karena mukena katun silk sudah tersebar luas.

4.     Spandex

Sementara bahan spandex memiliki karakter sangat elastis, lembut dan empuk. Bahkan, saat kain ditarik bisa melar layaknya karet. Namun, spandex tak memiliki serat sehingga tidak mudah rusak walaupun tepi mukena tidak dijahit.

Mukena dari spandek cocok dipakai sehari-hari untuk sholat dan tak mudah rusak. Anda bisa membeli di toko terdekat maupun secara online. Sebab, bahan ini sangat recommended untuk dicoba.

5.     Katun Rayon

Mukena katun rayon memiliki banyak peminat karena menjadi mukena paling adem. Umumnya bahan tersebut dijadikan model mukena Bali dan cocok dipakai shalat wajib. Namun, Anda harus merawat mukena dengan baik karena mudah lecek lantaran teksturnya terlalu lembut.

Walaupun begitu, peminatnya sangat signifikan. Anda bisa mencuci mukena beberapa hari sekali sehingga tidak lecek walaupun digunakan rutin. Pastinya mukena tersebut tersedia untuk dewasa maupun anak-anak.

Sebagai referensi, Anda bisa memilih mukena halima mukena muslim yang diminati kaum wanita karena keunggulannya yang cukup banyak. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir akan kecewa nantinya. Sebab, pemilihan bahan dilakukan dengan hati-hati dan detail.

6.     Parasut

Sementara mukena bahan parasut memiliki tekstur tipis, ringan dan bisa menahan air. Walaupun begitu, mukena tetap awet lantaran memiliki durabilitas tinggi yang membuat warna mukena tak cepat pudar.

Mukena tersebut cocok digunakan sehari-hari maupun saat traveling karena tekstur bahannya mudah dilipat. Bahkan mukena bisa dibentuk compact sekecil mungkin sehingga bisa dimasukkan ke dalam ransel.

Selain keunggulan tersebut, mukena parasut memiliki berbagai model. Anda bisa memilih sesuai selera, baik mukena dengan desain sederhana maupun mukena dengan sedikit elegan yang cocok untuk ibadah di masjid maupun dibawa traveling.

7.     Katun Lokal

Katun lokal diminati semua orang karena harganya lebih murah dengan kualitasnya yang baik. Bahan tersebut bisa menyerap keringat dan nyaman digunakan selama sholat. Anda bisa memilih desain mukena karena banyak variannya, seperti variasi warna maupun aksen.

Mukena dengan katun lokal tersedia di berbagai toko pakaian di berbagai wilayah, Anda bisa mencari di toko terdekat dan mendapatkan mukena murah sesuai budget dan tingkat kenyamanan.

Tips Memilih Mukena Agar Ibadah lebih Nyaman

Setelah mengetahui jenis bahan mukena, Anda bisa menerapkan tips memilih mukena. Tujuannya agar ibadah lebih khusyu dan tubuh tidak panas lantaran mukena, berikut ada tips yang diterapkan:

–         Memilih ukuran yang pas

Memilih ukuran adalah kewajiban sebelum membeli mukena, jangan sampai mukena yang dibeli kekecilan atau kebesaran. Usahakan memilih ukuran melebihi batas tubuh sehingga khusyu beribadah, walaupun kebanyakan ukuran mukena all size bisa menanyakan kepada penjual atau membuka mukena saat di toko.

–         Memilih bahan yang nyaman

Setiap orang memiliki selera bahan tersendiri, ada yang menyukai bahan mukena tipis dan lentur tetapi ada yang memilih bahan tebal. Sesuaikan pemilihan bahan sesuai selera, untuk mukena yang terasa dingin membuat ibadah lebih khusyuk. Tetapi, mukena dengan bahan membuat ibadah tidak khusyuk karena kegerahan dan ingin ibadah cepat selesai.

–         Memilih model yang sesuai

Selain memilih ukuran, pastikan model yang dipilih sesuai selera. pilihlah model yang membuat Anda nyaman beribadah, misalnya mukena terusan atau mukena 2 potong dan terpisah yang diminati masyarakat sekarang.

Mukena terusan seperti gamis, lebih disukai wanita lanjut usia maupun kaum remaja yang sudah mantap berhijab. Untuk model ke 3 berbentuk terusan layaknya gamis, namun tidak memiliki penutup kepala yang banyak peminatnya karena tidak repot menata hijab yang dikenakan.

Zaman digital ini, membeli mukena semakin praktis karena bisa dilakukan secara online. Anda bisa membeli mukena melalui marketplace Blibli dengan berbagai varian warna dan desain.

Blibli menyediakan mukena dewasa maupun anak-anak dengan ukuran lengkap. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi Blibli dan memilih mukena sesuai kebutuhan. Selain itu, membeli mukena di Blibli tak perlu khawatir tertipu produk.

Blibli menjamin kualitas produk mukena maupun produk lainnya yang ditawarkan. Bahkan proses pengiriman produk dilakukan sangat cepat dengan pembayaran bervariatif,. Anda bisa mendapatkan bahan mukena berkualitas dengan harga kompetitif hanya di Blibli.

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar