50 Meter Kanvas Untuk Pemerintahan Badingah

oleh -
kadhung tresno

WONOSARI, kabarhandayani – Menyambut hari Ulang Tahun Kabupaten Gunungkidul, Ikatan Perupa Gunungkidul (IPG) akan mengadakan kegiatan melukis akbar di atas kanvas sepanjang 50 meter. Rencananya, kegiatan tersebut akan digelar di komplek taman kota Wonosari 28 Mei 2014 mendatang. 

Ketua Ikatan Perupa Gunungkidul Herlan SAE mengatakan, melukis akbar akan diikuti oleh 45 perupa. IPG akan mengambil tema ”Kita Masih Ada di Jalan” tema tersebut menggambarkan  keadaan penggiat seni Gunungkidul yang keberadaanya belum mendapatkan perhatian dari pemerintah. 

”Melukis ini nantinya sebagai bentuk kritikan kepada pemerintah tentang keberadaan seniman yang belum diakomodir dengan baik, acara ini murni swadaya anggota IPG tanpa melibatkan pemerintah,” Kata Herlan, Minggu (11/5/2014). 

Menurut Herlan, keberadaan seniman di Gunungkidul saat ini masih dianggap tabu oleh pemerintah. Beberapa hal yang pernah dijanjikan pemerintah mengenai adanya pusat pertunjukan seni, dan berbagai bentuk perhatian kepada seniman hanya menjadi wacana belaka. 

Melukis diatas kanvas sepanjang 50 meter lanjut Herlan, tidak akan ditentukan jenis aliran lukis yang dipakai, seluruh perupa bebas mengeluarkan konsep karya masing-masing. Hasil lukisan akbar tersebut akan dipajang di tempat stategis di Pusat Kota Wonosari. 

”Janji pemerintah memperhatikan seniman hanya isapan jempol belaka, saat ini kesenian bergerak sendiri bahkan secara mandiri, bagaimana seniman Gunungkidul akan maju jika masih bergerak dengan satu kaki tanpa perhatian pemerintah ,” ungkap Herlan. 

Herlan menyayangkan dalam peringatan HUT Gunungkidul banyak sekali seniman yang belum dilibatkan, padalah konsep, ide dan gagasan menarik justru akan muncul dari para seniman.” HUT Gunungkidul saat ini masih menjadi pestanya orang-orang birokrasi yang konsepnya hanya monoton,” tegas Herlan.

Penulis: Juju, Editor: Hery

Komentar

Komentar