5 Makanan Penyebab Rasa Lemas Saat Berpuasa

oleh -
kadhung tresno

Penulis: Sumaryanto

KABARHANDAYANI.– Ada beberapa jenis makanan yang bila dikonsumsi secara berlebihan justru dapat membuat tubuh menjadi lemas dan mengantuk, apalagi saat berpuasa. Karena itu, pengaturan pola makan dan dengan komposisi yang tepat sangat dibutuhkan agar tubuh tetap bersemangat.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menyebabkan rasa lemas dan kantuk, sebagaimana yang dilansir dari lintas.me. Beberapa makanan itu adalah makanan yang mengandung: 1) pemanis, 2) roti dan sereal, 3) teh dan kopi serta minuman berkafein, 4) makanan yang digoreng, serta 5) daging merah.

Makanan yang mengandung pemanis alami, apalagi buatan, sebaiknya tidak terlalu banyak dikonsumsi selama berpuasa. Misalnya saja yang terdapat pada buah, jus buah, minuman siap saji, dan minuman dengan gula yang sengaja ditambahkan ke dalamnya. Karena makanan atau minuman yang mengandung banyak gula akan memberikan energi secara instan di awal, lalu kembali menyerap energi tersebut dengan lebih cepat. Selain tubuh mudah lemas, rasa lapar pun akan datang menyerang.

Roti dan sereal sebagian besar terdiri dari karbohidrat yang akan mudah terbakar saat beraktifitas dan mengendap apabila didiamkan. Sehingga tubuh cenderung menjadi lemas. Kandungan gula di dalamnya juga bisa menyebabkan energi lebih mudah terserap sehingga tubuh menjadi lemah. Belum lagi kandungan pengembang alaminya akan bereaksi, terutama pada siang hari puasa, dan menyebabkan kambuhnya penyakit maag.

Teh, kopi, dan minuman berenergi yang mengandung kafein bisa menyebabkan tubuh mudah dehidrasi. Jika tubuh terasa bertenaga ketika pertama kali meminumnya, itu akibat adrenalin yang terpompa secara instan. Setelahnya tubuh justru akan lelah berlebihan karena kehilangan energi. Produksi asam di lambung juga akan meningkat apabila ketiganya dikonsumsi dalam keadaan perut kosong saat sahur, apalagi berbuka. Buruknya lagi, ternyata teh dapat menetralkan nutrisi dalam kandungan makanan.

Makanan yang digoreng, memang lebih praktis disajikan terutama ketika sahur. Misalnya saja ayam goreng, atau jenis gorengan lainnya. Padahal, makanan yang berminyak mengandung lebih banyak lemak, sehingga lebih sulit dicerna. Agar tecerna dengan baik, jenis gorengan ini butuh tambahan gula darah dan energi pada tubuh. Akibatnya, tubuh pun terasa mudah lelah dan mengantuk. Ini juga berakibat kurangnya aliran darah pada tangan dan kaki.

Sama dengan makanan berminyak, daging merah juga mengandung banyak lemak dan membutuhkan waktu lama untuk dicerna, sehingga akan menguras banyak energi tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi jenis tersebut. Salah satu jenis daging yang sebaiknya dihindari sama sekali saat sahur adalah kalkun, karena terdapat kandungan asam amino di dalamnya yang dapat mengakibatkan kantuk dan tidak berenergi selama berpuasa. (Foto: www.mencuat.com)

__________

*) Penulis adalah Wartawan Kabarhandayani.

Komentar

Komentar