15 Grup Seni Bakal Ramaikan Panggung Kesenian

oleh -
iklan dispar
WONOSARI, Kabarhandayani.- Pentas kesenian daerah Gunungkidul bakal digelar di panggung kesenian berbarengan dengan Pameran Potensi Gunungkidul (3-7 Juni 2014). Sejumlah 15 grup kesenian seperti jathilan, reog, tari, tayup, wayang kulit dan ketoprak akan tampil secara bergantian dalam pentas kesenian tersebut.
 
Ketua Panitia Pameran Tommy Hararap memberikan penjelasan jadwal pentas seni masing-masing grup kesenian. Pada tanggal 3 Juni 2014 akan tampil pementasan Jathilan Putri Sekar Arum Kedung Karang Tengah Wonosari, Reog Dodhong Bregada Muda Piyaman Wonosari, pentas sanggar tari Kendhalisada Karangmojo, pentas sanggar tari Taman Mekarsari Pundungsari Semin, dan Tayup Sekartaji Kalangan Ngipak Karangmojo mulai pukul 12.30 WIB hingga 22.30 WIB.
 
Tanggal 4 Juni 2014 akan tampil Seni Tradisi Jelantur Karangsari Semin, Jathilan Turangga Muda Sengon Kerep Sampang Gedangsari, pentas sangar tari Sunu Pratiwi Gari Wonosari, dan pentas seni Campuran Sanggar Ungu Playen sejak pukul 155.00 WIB hingga 23.00 WIB.
 
Tanggal 5 akan tampil Reog Gaduhan Hargosari, Tanjungsari pada pukul 16.00 WIB hingga 17.00 WIB. Dan tanggal 6 akan tampil jathilan Sedya Manunggal Kalangan Ngipak Karangmojo, serta Wayang Kulit Pepadi Gunungkidul pada pukul 16.00 WIB hingga 24.00 WIB.
 
Selanjutnya di hari akhir pentas seni yakni 7 Juni 2014 akan ditampilkan Jathilan Kuda Prapada Ngringin Semanu, dan ditutup dengan pentas kethoprak Jampi Puyeng Gunungkidul sejak pukul 16.00 WIB hingga 24.00 WIB.
 
“Semoga dengan penampilan kesenian daerah ini menjadi sarana untuk melestarikan kesenian daerah dan dari sinilah diharapkan mampu memunculkan seniman-seniman muda,” jelas Tommy.

Komentar

Komentar