Mengenal Sejarah Tahun Baru Islam

Ilustrasi. sumber: Istimewa.

(KH),– Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam. menurut laman timeanddate.com di 28 negara memperingati tahun baru Islam pada Jumat, 22 September 2017. Sedangkan 2 negara lainnya memperingati tahun baru Islam pada Kamis, 21 September 2017, termasuk Indonesia dimana 21 September 2017 dijadikan sebagai hari libur Nasional untuk menghormati tahun baru Islam tersebut.

Selain di Indonesia, tahun baru Islam sebagai hari libur umum juga diperingati di negara lain seperti India, Yordania, Malaysia, dan Uni Emirat Arab.

Menurut Pemerintah Dubai (dikutip khaleejtimes.com) Departemen Kegiatan Urusan Islam dan Amal pemerintah Dubai telah merilis pengumuman terkait kalender untuk tahun baru Islam 1439. Menurut kalender tersebut, hari pertama Muharram 1439 akan jatuh pada tanggal 21 September 2017.

Satu tahun meliputo 354 hari dan terdiri dari 12 bulan dalam kalender Islam / hijriyah. Sebagai bulan pertama tahun ini, Muharram dikenal sebagai bulan peringatan dan diyakini merupakan bulan yang paling suci. pada zaman dahulu umat muslim dilarang berperang pada bulan muharram ini.

Sejarah tahun Hijriyah

Menurut artikel SKH dari laman iman.co.nz tentang sejarah kalender Hijriah, diceritakan kalender Islam merupakan kalender yang murni berbasis pada siklus bulan. diperkenalkan oleh sahabat Nabi Muhammad Saw yaitu Umar Bin Khatab, sang Khalifah kedua setelah Abu Bakar As Sidiq. Umar menggunakan kalender Islam dalam usaha merasionalisasi berbagai macam sistem penentuan tanggal yang bertentangan pada masanya.

Disepakati bahwa titik referensi paling tepat untuk kalender Islam adalah Hijriyah. hal ini berdasarkan peristiwa migrasi Nabi Muhammad Saw dan para sahabat dari Mekah ke Madinah pada tanggal 20 September 622 M. Kalender Hijriyah bukan hanya sekedar sistem tentang penghitungan waktu dan penanggalan acara keagamaan seperti puasa, haji, dan lain-lain, Hijriyah memiliki makna religius dan historis yang dalam.

Tahun Islam tidak berawal dari kemenangan Islam, kelahiran, ataupun kematian Nabi, ataupun saat turunnya wahyu Al Quran. melainkan dimulai dengan Hijrah. ataupun pengorbanan untuk kebenaran dan pelestarian Al Quran. peristiwa ini terjadi atas ilham Allah. Allah mengajarkan umat manusia untuk selalu mengingat bahwa perjuangan kebenaran melawan kejahatan adalah kekal.

Tahun Islam terdiri dari dua belas bulan lunar, terdiri dari Muharram, Safar, Rabi ‘al-Awwal, Rabi al-Aakhir, Jumaada al-Oolaa, Jumaada al-Aakhirah, Rajab, Syaban, Ramadhan, Syawal, Dhul-Qi ‘ dah dan Dhul-Hijjah. Tanggal penting dalam tahun Islam antara lain: 1 Muharram (hari pertama tahun ini), 27 Rajab (Isra dan Mairaj), 1 Ramadhan (hari pertama puasa), 17 Ramadhan (Pertempuran Badar), 10 hari terakhir bulan Ramadhan (termasuk Lailatul Qadar saat Alquran diwahyukan), 1 Syawal (Idul Fitri) serta 10 Dzul-Hijjah (Idul Adha). (Gemma)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar