Wonosari Peroleh Penghargaan Adipura

oleh -2208 Dilihat
oleh
Wonosari
Menteri LHK serahkan penghargaan Adipura kepada Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. (dok. Kominfo Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) memberikan penghargaan Adipura kepada Wonosari, ibu kota Kabupaten Gunungkidul.

Penyerahan sertifikat Adipura berlangsung di Gedung Manggala Wana Bakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Usai penyerahan sertifikat kepada Bupati Gunungkidul Sunaryanta, Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar menyampaikan, program Adipura merupakan instrumen pengawasan kinerja pemerintah kabupaten/kota dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau (RTH) perkotaan yang bersih, teduh, serta berkelanjutan.

“Adipura menjadi koridor untuk urusan pemerintahan, pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan,” kata Siti.

Pemberian penghargaan Adipura tahun 2022 ini diselenggarakan bersamaan dengan peringatan HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional). Kegiatan penyerahan dihadiri oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dan Ketua Dewan Pertimbangan Adipura Sarwono Kusumaatmadja, mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup.

“Penilaian Adipura juga dijalankan dengan mengedepankan kaidah good governance, yakni proses monitoring dan evaluasi secara obyektif sesuai dengan peraturan serta kebijakan yang berlaku,” paparnya.

Disebutkan, penilaian Adipura tahun 2022 dilaksanakan terhadap 258 kabupaten/kota atau 50,2 persen dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Sunaryanta mengungkapkan, penghargaan tidak lepas dari pastisipasi masyarakat atas kepedulian terhadap lingkungan yang berorientasi terwujudnya kenyamanan di Wonosari dan seluruh Gunungkidul. (Bara)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar