Wisata Edukasi Jam Matahari di Baron Technopark

oleh -
Jam Matahari di Baron Techno Park. KH/ Edo
iklan dispar
Jam Matahari di Baron Techno Park. KH/ Edo
Jam Matahari di Baron Technopark. KH/ Edo

SAPTOSARI, (KH)— Kawasan Wisata Edukasi Baron Technopark yang terletak di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, menjadi salah satu bagian dari media pembelajaran. Pasalnya, jam matahari yang dibangun di kawasan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat maupun wisatawan yang datang berkunjung.

Reny (20) salah satu seorang pengunjung mengungkapkan, ia bersama teman-temannya senang mendapat banyak pembelajaran saat berkunjung ke Baron Technopark ini.  Salah satunya yaitu melalui media belajar Jam Matahari.

“Dengan mengunjungi kawasan wisata Baron Technopark ini, kita dapat membaca waktu dengan cara yang berbeda melalui jam matahari. Selain itu kita dapat belajar tentang sumber daya energi alternatif,” katanya, Minggu (20/3/2016).

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Pengelolaan Baron Technopark Ridwan Budi Prasetyo mengungkapkan, bahwa jam matahari memang menjadi salah satu media pembelajaran yang menarik dan mendapat banyak perhatian dari pengunjung.

Ridwan menjelaskan, cara kerja dan cara membaca jam matahari tersebut sangatlah mudah. Jam matahari tersebut juga dilengkapi dengan angka Romawi, di mana angka Romawi itu berfungsi sebagai penunjuk waktu saat pancaran sinar matahari jatuh, kemudian membentuk bayang-bayang. Jam matahari ini memiliki keunggulan tersendiri dalam pengelolaan tata ruangnya.

“Di sini bedanya adalah penempatannya yang berada di pinggir laut dan memiliki pemandangan yang bagus, yaitu menghadap ke laut lepas,” ujarnya.

Lokasi Jam Matahari tersebut berada di tempat yang paling tinggi di kawasan Baron Technopark. Sehingga untuk menuju ke sana harus melalui jalan setapak yang menanjak. Setelah wisata edukasi ini dibuka untuk umum sejak awal 2016 lalu, pengunjung yang datang mengalami peningkatan yang signifikan. Hampir setiap minggu wisatawan dari berbagai kalangan mengunjungi lokasi ini. (Edo)

Komentar

Komentar