Waspada! Pura-Pura Bertamu Ternyata Maling Motor

oleh -
Sepeda motor vario dicuri. foto: Humas Polsek Playen.
kadhung tresno
Sepeda motor vario dicuri. foto: Humas Polsek Playen.

PLAYEN, (KH),– Modus pencurian sepeda motor semakin beragam. Rabu, (28/3) lalu terjadi peristiwa pencurian sepeda motor (Curanmor) dengan cara yang berbeda. Pelaku berpura-pura bertamu, lantas saat pemilik rumah lengah, sepeda motor digondol.

Peristiwa tersebut menimpa Juniati (50) seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) warga Nogosari II, Desa Bandung, Kecamatan Playen, Gunungkidul. Ia harus menanggung rugi kehilangan Honda Vario bernopol AB 4332 NW.

Pengakuan yang disampaikan kepada pihak berwajib saat melaporkan peristiwa yang dialami diawali datangnya tamu yang tidak dikenal.

Kapolsek Playen AKP Yusup Tianotak, S.Kep melalui Kanit Reskrim Polsek Playen, Iptu Suryanto, mengatakan, saat tamu datang, ibu korban, Ngadilah (70) yang menjamu tamu tersebut. Sebab, korban sedang tidak berada di rumah. Ngadilah percaya atas pengakuan tamu yang menyebutkan diri sebagai teman korban.

Tanpa curiga, tamu diberi minum lantas ditinggal memasak di dapur. “Ketika Ny. Ngadilah hendak mengambil beras untuk dimasak mendadak kaget karena sepeda motor yang diparkir di garasi sudah tidak ada,” terang Kanit Reskrim Polsek Playen, Iptu Suryanto, Jum’at, (30/3/2018).

Sambungnya, ibu korban lantas sadar, bahwa tamu yang datang menghilang membawa kabur sepeda motor. Tindak kriminalitas yang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Playen.

Beberapa saksi di lokasi kejadian yang melihat kehadiran tamu berusaha melakukan pengejaran, namun maling motor sudah tidak ditemukan.

“Berdasar keterangan saksi, pelaku memiliki perawakan tinggi kurang lebih 170 cm, kurus, muka kempot, rambut panjang hitam sebahu. Saat bertamu mengenakan kemeja warna biru, dibagian saku kemeja dan bagian belakang ada tulisan CV Sinar Baru,” papar Iptu Suryanto.

Ditambahkan, sementara itu sepeda motor yang hilang memiliki ciri-ciri dengan kondisi masih standar, warna hitam silver, dan lecet pada bagian hendle rem sebelah kanan.

Peristiwa curanmor tersebut membuat korban menderita kerugian senilai Rp. 13 juta. Polsek Playen saat ini tengah melakukan penyelidikan kasus tersebut. (Kandar)

Komentar

Komentar