Warga Ngrombo Getas Kenduri Sendang Dirjo

oleh -
iklan dispar

PLAYEN, kabarhandayani,– Warga Dusun Ngrombo Getas Playen hari ini Sabtu Wage (28/9/2014) melaksanakan acara bersih dusun. Warga juga melakukan kegiatan membersihkan lingkungan Sendang Dirjo atau Kali Ngeleng, dan diakhiri dengan acara andum dhahar atau kenduri bersama.
Mbah Ngadiman, juru kunci Sendang Dirjo menuturkan, tradisi bersih sendang ini sudah turun temurun dilaksanakan sejak zaman nenek moyang di lingkungan Padukuhan Ngrombo. Ia menambahkan, acara ini merupakan sedekah syukur dan permohonan kepada Sang Jaga Reksa Dusun Ngrombo atas berkah kesehatan keberhasilan dan terkabulnya hajat warga.
Tugiran, panitia acara menyatakan, kegiatan bersih sendang ini diikuti kurang lebih 60 warga Padukuhan Ngrombo. Dukuh Ngrombo dan tokoh-tokoh masyarakat dusun hadir mengikuti acara tersebut.
Hal yang unik dalam acara kenduri Sendang Dirjo ini adalah nasi uduk, gudangan dan ingkung dibagikan kepada siapa pun warga yg datang baik tua, muda, pria atau wanita. Tak terkecuali warga dusun lain atau pendatang yang  turut menyaksikan juga mendapatkan pembagian makanan tersebut, bisa dinikmati bersama-sama di acara kenduri atau dibawa pulang. (Berita kiriman Inug Nugroho. Ed: Jjw).

Komentar

Komentar