Wagub DIY, Syawalan Juga Untuk Menjaga Silaturahmi Antar Umat Beragama

oleh -
Syawalan Muspida Gunungkidul dengan Wagub DIY di Bangsal Sewoko Projo. KH/ Edo
iklan dispar
Syawalan Muspida Gunungkidul dengan Wagub DIY di Bangsal Sewoko Projo. KH/ Edo
Syawalan Muspida Gunungkidul dengan Wagub DIY di Bangsal Sewoko Projo. KH/ Edo

WONOSARI, (KH)— Untuk  pertama kalinya setelah resmi dilantik menjadi Wakil Gubernur (Wagub) DIY  Kanjeng Gusti  Pangeran  Adipati Arya  (KGPAA) Paku  Alam X  menghadiri acara syawalan dan halal bihalal bersama Muspida Gunungkidul yang betermpat di Bangsal Sewoko Projo, Senin, (18 Juli 2016).

Kehadiran  Wagub ini sekaligus mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku  Buwono  X yang sedang bertugas di luar kota. Dalam sambutannya, Wakil Gubernur menyampaikan, Syawalan bertujuan pula untuk menjaga silaturahmi antar umat beragama.  Beliau juga mengatakan, bahwa hari raya merupakan puncak perjalanan dan perputaran hidup dalam satu tahun.

“Boleh dikata seluruh kegiatan selama satu tahun adalah untuk hari raya, menyiapkan diri agar dapat merayakannya dengan bahagia bersama keluarga, seperti perantau yang ditandai dengan tradisi mudik,” ungkapnya dalam sambutan.

Ditambahkan olehnya, Ramadhan adalah bulan suci dan pensucian rohani. Melalui latihan menahan diri dengan tujuan menanamkan taqwa atau kesadaran akan hidup sebagai makhluk tuhan, puasa membimbing manusia untuk mendapatkan kembali fitrah dan kesuciannya agar bisa merayakan hari bahagia Idul Fitri pasca Ramadhan.

Maka, dengan hari raya manusia diharapkan kembali tampil sebagai manusia suci dan harus menyadarai, kesucian adalah pembawaan alamiah diri. Semoga, harap dia, semua kembali ke fitrah dan berhasil dalam latihan mengendalikan nafsu dan egoisme masing – masing.

”Untuk itu marilah kita ucapkan Minal Minal Aidzin Wal Faidzin, selamat Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriyah, mohon maaf lahir dan batin,” ucapnya.

Nampak pada acara tersebut ratusan tamu mulai dari Camat,  Kepala SKPD, Kepala Desa, perwakilan institusi pendidikan hingga warga masyarakat ikut bersalaman langsung dengan Wagub DIY. (Edo)

Komentar

Komentar