Hari Pertama Masuk, Sekolah Sambut Wali Murid

oleh -
Dewan guru SD N 1 Wonosari menyambut wali murid yang mengantarkan anaknya. KH/ Kandar.
iklan dispar
Dewan guru SD N 1 Wonosari menyambut wali murid yang mengantarkan anaknya. KH/ Kandar.
Dewan guru SD N 1 Wonosari menyambut wali murid yang mengantarkan anaknya. KH/ Kandar.

WONOSARI, (KH)— Pasca libur sekolah dan Lebaran, hari pertama masuk Tahun Pelajaran Baru 2016/2017 sejumlah lembaga pendidikan mengisinya dengan berbagai kegiatan. Dari pantauan, secara umum mengadakan kegiatan Syawalan dan perkenalan siswa baru dengan lingkungan sekolah.

Seperti yang nampak di Sekolah Dasar Negeri (SD N) 1 Wonosari ini, selain kegiatan tersebut kepala sekolah bersama dewan guru secara khusus menyambut kedatangan wali murid yang mengantarkan putra putrinya.

Untuk menjalin kedekatan antara wali murid dan civitas akademik, selain mengadakan ramah-tamah mereka juga menyempatkan saling bersalaman. Kepala sekolah SD N 1 Wonosari, Dwi Rukmi Endang S mengatakan, pihaknya berharap adanya kerjasama yang baik antara guru, siswa, dan wali murid dapat mewujudkan keberhasilan pembelajaran baik bagi siswa sekaligus mendukung prestasi sekolah.

“Sudah menjadi komitmen untuk menciptakan sekolah hijau, dukungan dari wali dan siswa berupa kegiatan penanaman berbagai tanaman hias akan dilakukan di minggu awal masuk ini,” katanya seusai Syawalan dengan seluruh warga sekolah, Senin, (18/7/2016).

Ia menginformasikan, selain menanamkan karakter siswa agar mencintai lingkungan, hal tersebut juga sebagai persiapan menyongsong penilaian lomba Budaya Mutu tingkat nasional. Tak hanya itu, lokasi sekolah yang berada di pusat kota, dikelilingi jalan protokol dengan lalu lintas padat, penanaman tanaman diharapkan dapat mengurangi polusi udara.

“Visitasi penilaian dari pusat sekitar Bulan Agustus-September, dengan lahan yang sempit akan kita buat sistem penanaman verti kultur, hal ini juga menjadi bagian dari penilaian,” terang mantan Kepala sekolah SD Karangtengah ini.

Sementara itu, Paimun Mpd, wali kelas IV menambahkan, penialian lomba meliputi berbagai aspek, diantaranya prestasi akademik, kegiatan ekstrakurikuler, sinergitas antara komite dan sekolah, manajemen sekolah dan prestasi perseorangan baik kepala sekolah dan juga guru.

Muryanti, warga Baleharjo mengaku sengaja meninggalkan aktivitas yang lain demi mengantarkan anaknya masuk di sekolah baru pada hari pertama ini. “Berharap segera kenal dengan teman dan lingkungan sekolahnya, Diminggu awal masuk ada kegiatan penanaman tanaman hias,” ujarnya. (Kandar)

Komentar

Komentar