Up Date Merapi 30 Maret: Waspadai Guguran Lava dan Awan Panas

oleh -
visual citra satelit Merapi. (Sumber : https://magma.esdm.go.id/)

YOGYAKARTA, (KH),– Selasa, (30/3/2021) Gunung Merapi berada pada status Siaga level III. Petugas pembuat laporan, Rachmad Widyo Laksono menginformasikan, dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB telah terjadi 1 kali gempa awan panas guguran dengan amplitudo 60 mm dan lama gempa 135 detik.

“43 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-15 mm dan lama gempa 10-108 detik. 1 kali gempa Hybrid/Fase banyak dengan amplitudo 6 mm, S-P 0.5 detik dan lama gempa 5 detik,” tulis dia pada https://magma.esdm.go.id/.

Secara visual, gunung api tertutup Kabut 0-I hingga tertutup kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Cuaca hujan, angin sedang ke arah timur.

Pihaknya memberikan rekomendasi diantaranya :

  1. Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km dan pada sektor tenggara yaitu sungai Gendol sejauh 3 km. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.
  2. Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya.
  3. Masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.
  4. Penambangan di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan.
  5. Pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 km dari puncak Gunung Merapi.
  6. Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali.

 

(Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar