Turnamen Sepakbola Wanita Ramaikan Rasulan Winangun

oleh -
iklan dispar

TEPUS, kabarhandayani,– Turnamen sepakbola untuk pria di Gunungkidul sudah biasa. Turnamen sepakbola wanita di Gunungkidul dengan aturan permainan resmi PSSI masih sangat minim.
Adalah Sub Unit Karang Taruna Bakti Muda Padukuhan Cepogo Desa Purwodadi Kecamatan Tepus yang berani melaksanakan turnamen sepakbola wanita. Turnamen Sepakbola digelar untuk memeriahkan rasulan (bersih desa) di 9 padukuhan (Winangun, Cak Bohol, Pringsanggar, Cepogo, Duwet, Kotekan, Ngande-ande, Wuluh, Ngandong) eks Kalurahan Winangun yang saat ini menjadi satu Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus.
Novianto (33), ketua panitia turnamen sepakbola wanita Purwodadi menjelaskan, turnamen sepakbola wanita dipilih untuk menyemarakkan rasulan, karena belum banyak yang menyelenggarakan turnamen sepakbola wanita. Selain itu sebagai bentuk emansipasi wanita. Turnamen sepakbola wanita Purwodadi juga sebagai tahap seleksi tim Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Gunungkidul yang akan mewakili Kecamatan Tepus.
“Sepakbola juga bisa dimainkan oleh wanita. Selama ini sepakbola identik dengan olahraga untuk pria. Kita mencoba untuk memasyarakatkan sepakbola untuk semua lapisan masyarakat. Purwodadi sudah punya klub sepakbola putra baik dari tingkat junior sampai jago kapuk (usia lansia), semoga akan dilengkapi dengan klub sepakbola wanita,” jelasnya Senin (15/9/2014).
Turnamen sepakbola wanita Purwodadi diikuti oleh 13 klub se-Desa Purwodadi di antaranya; klub sepakbola wanita Padukuhan Sureng, Padukuhan Cepogo, Padukuhan Danggolo, Padukuhan Luweng Ombo, Padukuhan Kotekan, Padukuhan Pringsanggar, Padukuhan Gesing I, Padukuhan Gesing II, Padukuhan Duwet, Padukuhan Grotan, Padukuhan Ngandong, Padukuhan Winangun, Padukuhan Cak Bohol.
Novianto menambahkan, turnamen sepakbola wanita Purwodadi mayorutas diisi oleh pemain muda usia SMA/SMK. Dalam turnamen ini, peraturan permainan menggunakan aturan permainan resmi PSSI, sedangkan untuk peraturan pertandingan ada beberapa yang dirubah menyesuaikan kemampuan pemain. “Waktunya hanya 2×20 menit, pergantian pemain secara bebas,” imbuhnya.
Turnamen dimulai sejak 10/9/2014 sampai 16/9/2014, setiap hari mempertandingkan 2 pertandingan, yang dimulai pukul 15.00 WIB. Pada Senin (15/9/2014) turnamen sepakbola wanita Purwodadi memasuki babak semi final dengan mempertandingkan Cepogo vs Danggolo dengan skor 1:0 dan Kotekan vs Gesing II dengan skor 2:0.
Final yang akan digelar pada Selasa (16/9/2014) memperebutkan juara III akan bertanding Danggolo vs Gesing II dan pertandingan kedua memperebutkan juara 1 dan 2 mempertandingkan Cepogo vs Kotekan. Turnamen memperebutkan hadiah juara 1 berupa 1 ekor kambing dan juara 2-4 mendapatkan uang pembinaan senilai Rp 1 juta.
Kepala Desa Purwodadi Sucipto memberikan apresiasi kepada Sub Unit Karang Taruna Bakti Muda Padukuhan Cepogo yang secara mandiri menyelenggarakan turnamen sepakbola wanita. “Turnamen ini selain sebagai hiburan dan ajang mencari bakat untuk Porkab Gunungkidul tahun 2014 mewakili Kecamatan Tepus,” pungkasnya. (HeryFosil/Jjw).

Komentar

Komentar