Transparansi Untuk Pemerintahan Baru yang Terpercaya

oleh -
Suasana ujian di Desa Sawahan. Foto : Hari
iklan dispar
Suasana ujian di Desa Sawahan. Foto : Hari
Suasana ujian di Desa Sawahan. Foto : Hari

PONJONG, (KH) — Balai Desa Sawahan , Ponjong ramai sejak pagi hari, Kamis (12/3/15) dikarenakan sedang berlangsung ujian pemilihan Kabag Kesra dan staf pelayanan umum. Pelaksanaan ujian dijaga ketat oleh Polsek Ponjong dan dibantu Kamtibmas setempat.

Ujian yang dilaksanakan sejak pukul 08.00 di Balai Desa Sawahan diikuti oleh 12 orang , 4 orang mencalonkan sebagai Kabag Kesra dan 8 orang sebagai staf pelayanan umum. Materi yang diujikan adalah teori dan praktek. Untuk teori meliputi pengetahuan umum dan pemerintahan. Sedangkan untuk praktek, para peserta praktek menggunakan laptop dan mengerjakan soal berbasis program pengolah kata dan angka.

Waktu yang disediakan untuk calon kabag kesra dalam soal teori adalah 120 menit dengan 100 soal pilihan ganda. Sedangkan untuk calon staf adalah 100 menit dengan 75 soal. Dalam pembuatan soal ujian, sudah dibentuk tim 7 yang terdiri dari perwakilan 7 lembaga di bawah naungan kelurahan. Penyusunannya juga tidak dilakukan di Ponjong, akan tetapi di salah satu hotel yang ada di Wonosari, Gunungkidul untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan soal ujian.

Farid Gunawan selaku ketua tim penguji yang merupakan perwakilan tokoh masyarakat mengatakan, ujian kali ini sangat dijaga ketat kerahasiaannya, supaya masyarakat tidak berfikiran kalau ada permainan di dalam ujian pemilihan ini. Kamis (12/3/15). “Dari kemarin tim 7 belum pulang ke rumah, karena sejak kemarin dikarantina tanpa diperbolehkan¬† membawa alat komunikasi sama sekali di salah satu hotel di Wonosari. Semua keperluan dan bahan sudah dipersiapkan oleh panitia. Saat malam penyusunan didampingi oleh Camat Ponjong dan dijaga ketat Polsek Ponjong dan kamtibmas,” tambah Farid. Bowo sutrisno.

Kades Desa Sawahan berharap pemilihan kali ini menjadi awal baik untuk ke depannya dan menjadi kepercayaan di kalangan masyarakat, kalau sudah tidak ada namanya jual beli jabatan di Desa Sawahan.

Sore hari Kamis (12/3/15) setelah dilakukan penghitungan nilai; telah terpilih Kabag kesra baru Riskianto warga Padukuhan Plarung dan Staf pelayanan umum Toni dari Sawahan. Pelantikannya sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 24 maret 2015.

Riskianto selaku Kabah Kesra yang baru mengatakan, banyak program yang akan dilaksanakannya, salah satunya adalah penggunaan internet sebagai media, baik untuk pendidikan , pekerjaan, pengembangan, serta promosi potensi yang ada di Desa Sawahan. (Hari)

Komentar

Komentar