Tips Menu Sehat Sahur dan Buka Puasa

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Pola makan saat menjalalankan ibadah puasa berbeda dengan pola makan sehari-hari. Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat pada pola makan yang tak seperti biasanya ini, maka tubuh memerlukan asupan gizi seimbang dan memenuhi kriteria nutrisi yang dibutuhkan.

Bila cara dan jenis dalam mengkonsumsi makanan tidak tepat dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan ngantuk. Berikut beberapa tips menu sahur dan buka puasa dilansir dari kompas.com agar tubuh tetap bugar dalam menjalankan ibadah puasa.

Tips saat sahur yang pertama adalah dengan melakukan restorasi cairan dengan mengutamakan minum air putih, vitamin, dan elektrolit atau jus buah tanpa gula seperti air kelapa. Sifat elektrolit pada air kelapa menyebabkan rasa haus berkelanjutan dan bisa dilanjutkan dengan minum air putih.

Pemilihan menu makan yang baik saat sahur dengan memilih menu yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Jenis karbohidrat ini lebih “tahan lama” dalam membuat gula darah stabil, sehingga mood menjadi relatif lebih baik.

Makanan berserat juga sangat dibutuhkan, baik dari sayur atau buah yang dapat berfungsi membersihkan usus. Selain itu pilih lemak sehat atau minyak yang tidak digoreng, seperti zaitun, minyak kelapa atau flaxseed oil, misalnya dalam bentuk sambal.

Lemak membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga lebih tahan lapar. Akan tetapi kalau diasup minyak gorengan, baik dari makanan siap saji atau menggoreng langsung, maka kita memasukkan radikal bebas ke dalam tubuh kita. Akibatnya manfaat puasa secara fisiologis berkurang.

Tips saat Berbuka puasa, pertama kali dianjurkan meminum minuman yang manis alami tanpa gula seperti air kelapa, jus buah melon atau semangka dan buah lainnya serta hindari minuman yang mengandung gula pasir. Makanan berkarbohidrat kompleks akan lebih baik pada makanan yang tidak digoreng.

Makanan gorengan akan membuat ngantuk saat tarawih, karena makanan ini mengikat oksigen darah sampai 20%. Beberapa saat setelah berbuka puasa konsumsi lagi air putih. Usahakan mulai buka puasa sampai tidur meminum hingga 1 liter air putih. (Maryanto/Hfs)

Komentar

Komentar