Tingkatkan Minat Baca, Ribuan Buku Dibagikan

oleh -
iklan dispar

KARANGMOJO, kabarhandayani.– Dalam upaya menumbuhkan budaya membaca pada anak-anak, pegiat Taman Bacaan Masyarakat (TBM) melakukan berbagai cara guna menarik perhatian anak-anak. Forum TBM Gunungkidul bekerjasama dengan Forum TBM DIY menyelenggarakan sosialisasi Gerakan Gunungkidul Membaca di Omah Pasinaon Padukuhan Karangmojo, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo Selasa (2/9/2014).
Ketua Omah Pasinaon Yudan Hermawan menjelaskan, acara dihadiri oleh Ketua Forum TBM DIY, Forum TBM Gunungkidul, Pengelola Omah Pasinaon, siswa dan orangtua PAUD Sarwo Agung, TK ABA 17 Karangmojo, Siswa SD Gelaran I Bejiharjo. Acara diawali dengan kegiatan sosialisasi Gerakan Gunungkidul Membaca dari Ketua Omah Pasinaon Yudan Hermawan, disusul mendengarkan dongeng dari Kak Junendra, kemudian dilanjutkan dengan pembagian paket buku.
“Kegiatan diprioritaskan untuk anak-anak agar mereka terbiasa membaca buku di rumah, sehingga menumbuhkan semangat rajin belajar, dapat membiasakan kepada anak untuk mengulang kembali pelajaran yang telah diterima di sekolah,” katanya.
Sunarto, Ketua Forum TBM Gunungkidul memaparkan, kegiatan sosialisasi Gerakan Gunungkidul Gemar Membaca sudah dilaksanakan di berbagai TBM di Gunungkidul. “Hari ini di Omah Pasinaon adalah hari ketiga, sebelumnya sudah kita lakukan di Krambit Sawit, Saptosari dan Patuk,” jelasnya.
Sunarto menambahkan, untuk kegiatan selanjutnya akan dilaksanakan di Dondong, Jetis, Saptosari dan Nitikan Timur, Semanu.
Muhsin Kalida, Ketua Forum TBM DIY menambahkan, acara hari ini bertujuan untuk memasyarakatkan membaca dan memasyarakatkan mendongeng bagi orang tua untuk anaknya menjelang tidur, serta menemani saat anak belajar serta membagikan buku kepada anak-anak.
“Forum TBM Gunungkidul dan Forum TBM DIY memperoleh bantuan buku dari Asia Foundation sejumlah 3.500 paket yang berisi tas dan buku cerita dalam dua bahasa. Bantuan buku ini kita prioritaskan untuk Gunungkidul dan Kulonprogo. Pagi ini secara simbolis dibagikan 300 paket,” katanya.
Muhsin berharap, anak yang gemar membaca buku khususnya buku cerita yang banyak mengandung pesan moral dapat membentuk perilaku anak menjadi lebih baik di kehidupan sehari-hari. (Hery-Fosil/Rdk)

Komentar

Komentar