Tiga Pabrik Baru akan Dibangun di Panggang

oleh -
kadhung tresno
PANGGANG, kabarhandayani.– Di Kabupaten Gunungkidul ada tiga kecamatan yang mendapat kucuran dana dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan di Indonesia (MP3KI) antara lain; Kecamatan Gedangsari, Saptosari, dan Panggang.

Ketika di kecamatan yang lain penggunaan dana dikonsentrasikan untuk pembangunan pariwisata, lain halnya dengan Kecamatan Panggang, menurut penjelasan Gunawan selaku Camat Panggang bahwa, dengan dana yang akan diterima pihaknya berencana membangun tiga buah pabrik yaitu, pabrik tepung mocaf, pabrik pupuk organik, dan pabrik bio gas.

“Dengan dana tersebut akan kita rencanakan membangun 3 pabrik, dengan memprioritaskan salah satu, yaitu pabrik tepung mocaf,” ujarnya Senin, 07/07/2014 di Kantornya. Ia juga menyampaikan jumlah besaran dana mencapai 3,5 M Rupiah.

Sesuai dengan tujuan program MP3KI, diharapkan keberadaan pabrik-pabrik tersebut dapat meningkatkan perekonomian warga, sehingga angka kemiskinan dapat ditekan semaksimal mungkin. Operasional pabrik berbasis masyarakat merupakan salah satu asas pendirian pabrik.

“Baik manajemen, pengelolaan, dan tenaga kerjanya nanti berasal dari masyarakat, kecuali pada bagian-bagian tertentu kita butuh tenaga ahli,” tambah Gunawan. Ia yakin nantinya dapat menjaring banyak tenaga kerja yang berasal dari 6 desa yang ada di Kecamatan Panggang.

Secara selektif akan dipilih generasi muda yang bersedia didiklat, memiliki etos kerja, dan diprioritaskan berasal dari keluarga kurang mampu. Gunawan berharap pabrik dapat menampung ratusan pemuda yang meninggalkan Panggang sebagai buruh kasar.

Hingga saat ini program tersebut telah dipresentasikan di Bapeda Gunungkidul kemudian disetujui, RAB juga telah disusun Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) serta Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), “Menurut saya proses diawal capaiannya cukup lumayan, belum lama ini tim kabupaten juga sudah mengecek lokasi pembangunan pabrik,” pungkas Gunawan. (Kandar/Hfs)

Komentar

Komentar