Tanaman Sorgum Dikembangkan di Playen

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, (KH) — Desa Playen Kecamatan Playen Gunungkidul menjadi perhatian tamu dari 15 Negara. Tamu disambut  kesenian campursari pimpinan Joni Gunawan dengan penyanyi Suhin dan Endang.
Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S Sos ditandai dengan Pemukulan Gong lima kali. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama antara Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang disaksikan Bupati Gunungkidul.
Dalam kesempatan tersebut Kepala BATAN Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir, Dr. Ir. Anhar Riza Antariksawan  menyerahkan cinderamata kepada Bupati dan Bupati menyerahkan plakat Gunungkidul.
Kades Playen Surahno dalam laporan singkat, mengucapkan selamat datang kepada tamu 15 Negara, yeng berkunjung ke desa Playen. Semoga  kunjungan ini membuka cakrawala baru untuk warga desa Playen dan desa  lainnya  se Gunungkidul untuk ikut mananam sorgum sebagai bahan pembuat roti.
Bupati Gunungkidul dalam sambutannya, menyambut baik kerjasama BATAN dengan Gapoktan. Semoga dengan kerjasama ini memberikan tambahan penghasilan dari tanaman sorgum. Tanaman sorhum dulu pernah menjadi penghasilan petani Gunungkidul, dan sekarang dibudayakan lagi dengan bantuan teknologi Nuklir bidang tanaman pangan.” Ternyata roti yang terbuat dari Sorgum, rasanya lebih enak.” Kata Bupati.
Campursari Joni Cs dengan penyanyi tamu Agnes  dari Hongaria dan Iromi dari Jepang, menarik perhatian peserta sarasehan, termasuk kesenian gending nuklir.
Dr. Ir. Anhar Riza Antariksawan dalam kesempatan terebut, menyampaikan terima kasih atas perhatian warga Playen dalam menerima  kehadiran 15 tamu. Sangat menyenangkan dan membuat peserta semangat dalam mengikuti sarasehan.(Sarwo/Tty).

Komentar

Komentar