Tahun Ini Ratusan Traktor dan Kultivator Diserahkan ke Kelompok Tani di Gunungkidul

oleh -
pertanian
Penyerahan alsintan kepada kelompok tani di Gunungkidul. (dok. DPP Gunungkidul)
iklan golkar Gunungkidul

WONOSARI, (KH),– Guna merealisasikan petani yang maju, mandiri, dan modern, penggunaan sarana dan prasarana pertanian berupa alat mesin pertanian sangat dibutuhkan. Alat dan mesin pertanian dibutuhkan guna percepatan olah lahan, percepatan tanam, panen, dan pengolahan hasil pertanian.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan, guna mewujudkan pertanian di Gunungkidul yang semakin maju dan modern, pemerintah melalui APBD dan APBN menyerahkan ratusan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Kelompok Tani (Poktan) di Gunungkidul.

“Tahun anggaran 2021 lewat APBD diberikan bantuan alat mesin pertanian berupa 140 unit traktor roda dua Impala dan 75 unit cultivator, serta bantuan alat mesin pertanian dari APBN Kementerian Pertanian RI berupa 8 traktor roda dua Impala dan 10 pompa air,” rinci Bambang saat penyerahan Alsintan di Kantor DPP, Kamis (12/8/2021).

Dikarenakan masih berlangsung PPKM, penyerahan dilakukan secara simbolis sebanyak 14 unit traktor roda dua dari APBD, 1 unit traktor roda dua dan 1 unit pompa air dari APBN melalui Kementerian Pertanian.

Lanjutnya, Alsintan tersebut diberikan kepada Poktan sebagai Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) di wilayah masing-masing Poktan. Poktan penerima merupakan Poktan aktif yang teregister di DPP.

“Bantuan traktor roda dua diadakan sebagai upaya pemerintah dalam percepatan olah lahan pertanian khususnya komoditas tanaman pangan,” imbuh dia.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Ir.Sugeng Purwanto saat hadir memberikan arahan agar bantuan pemerintah pusat maupun dari APBD dipergunakan sebaik-baiknya guna peningkatan produksi pertanian.

“Diketahui Gunungkidul merupakan lumbung pangan DIY karena menjadi kontributor angka produksi pangan yang tinggi di DIY,” ungkap Sugeng.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dalam sambutannya berpesan agar traktor dan Alsintan yang lain benar-benar dipergunakan untuk kegiatan pertanian semaksimal mungkin.

Senada dengan bupati, Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih SE meminta agar bantuan yang diberikan dirawat sebaik-baiknya sekaligus dipergunakan secara benar. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar