Sujoko: Desa Ngunut Mantab Maju Lomba Desa

oleh -
Tim penilai lomba desa tingkat kabupaten 2016 saat datang di Desa Ngunut, Playen. KH/ Sarwo
iklan dispar
Tim penilai lomba desa tingkat kabupaten 2016 saat datang di Desa Ngunut, Playen. KH/ Sarwo
Tim penilai lomba desa tingkat kabupaten 2016 saat datang di Desa Ngunut, Playen. KH/ Sarwo

PLAYEN, (KH)— Desa Ngunut Kecamatan Playen Gunungkidul, Selasa (12/4) dinilai Tim Lomba Desa Tingkat Kabupaten Gunungkidul. Ketua Tim Penilai Sujoko S. Sos, MSi bersama anggota 35 penilai, diterima Camat Playen didampingi Kades Ngunut Edy Darmanto beserta warga masyarakat yang memenuhi halaman balai desa Ngunut.

Dalam laporannya Kades Ngunut menyampaikan, desa Ngunut berada di pusat kota kecamatan Playen, hanya 2 Km ke arah barat, luas wilayah 236,4 ha terdiri 3 pedukuhan, 3 Rukun Warga dan 22 Rukun Tetangga. Jumlah penduduk 2.222 jiwa atau 704 Kepala Keluarga. Desa Ngunut melaksanakan 8 program pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan Desa, yang meliputi Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan Masyarakat, Bidang Ekonomi Masyarakat, Bidang Keamanan dan Ketertiban, Bidang Partisipasi Masyarakat, Bidang Pemerintahan, Bidang Lembaga Kemasyarakatan dan Bidang Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Sedang kegiatan lainnya ada kegiatan Karang Taruna, kegiatan seni budaya yang gigih merintis Desa Ngunut jadi Kantong Budaya, mempunyai kelompok Karawitan, Gejog Lesung, Thek Thek Siskamling, Sholawatan, Hadrah dan Ketoprak.

Tim Penilai Lomba Desa malakukan kunjungan ke 3 pedukuhan, dengan mantab warga Ngunut menyajikan data dan berbagai kegiatan, berbagai masakan, kegiatan lansia dan kesenian yang dipandu oleh Joni Gunawan. Dihalaman balai desa disajikan berbagai produk olahan dari jamu jawa, macam-macam kue dan produk Iket dan keris.

Sujoko S Sos MSi ketua Tim dalam kesan-pesannya, menyatakan desa Ngunut dinilai mantab, semua tim penilai merasa kagum melihat kegiatan yang ditampilkan warga. “Semoga pembangunan di Desa Ngunut terus maju, tentang kejuaraan tunggu dulu, masih harus menilai 12 desa lagi, yang selesai pada 3 Mei 2016 mendatang,” ujarnya. (Sarwo)

Komentar

Komentar