Potensi Mina Padi Salah Satu Andalan Desa Sumbergiri Ikuti Lomba

oleh -
Kereta kuda menjadi salah satu pelengkap saat penilaian Desa Sumbergiri, Ponjong pada lomba desa. KH/ Edo
iklan dispar
Kereta kuda menjadi salah satu pelengkap saat penilaian Desa Sumbergiri, Ponjong pada lomba desa. KH/ Edo
Kereta kuda menjadi salah satu pelengkap saat penilaian lomba di Desa Sumbergiri, Ponjong. KH/ Edo

PONJONG, (KH)— Desa Sumbergiri, Kecamatan Ponjong Gunungkidul, Selasa (3/5/2016) mendapat giliran dinilai Tim Lomba Desa Tingkat Kabupaten Gunungkidul. Ketua Tim Penilai lomba desa Sujoko S. Sos, MSi bersama 35 anggota tim penilai, disambut Camat Ponjong didampingi Kades Sumbergiri, Suharjono beserta warga masyarakat yang memenuhi halaman balai desa setempat.

Dalam sambutannya, Camat Ponjong menyampaikan, Desa Sumbergiri memiliki luas wilayah keseluruhan 1.328 hektare  terdiri dari 11 pedukuhan dan dihuni oleh 7.000 jiwa lebih dengan 1.600 Kepala Keluarga. Dengan potensi yang dimiliki Desa Sumbergiri melaksanakan beberapa program diantaranya pemberdayaan masyarakat, meningkatkan sektor pertanian, perikanan, kesehatan dan desa siaga.

Sementara itu untuk kegiatan Karang Taruna diantaranya ada Gejog Lesung, Siskamling, Sholawatan, dan Hadrah. Untuk sektor pertanian dan perikanan, Desa Sumbergiri memiliki potensi Mina Padi dengan sistem tanam menggunakan luapan air dan diisi dengan ikan nila. Sementara untuk padi yang ditanam adalah jenis Padi Hitam dan Padi Mapan.

Tim Penilai Lomba Desa melakukan kunjungan ke 4 pedukuhan yang terpilih yaitu Padukuhan Koripan 1 dan 2, Padukuhan Payak, dan Padukuhan Wonodoyo. Dengan yakin dan optimis warga Sumbergiri menyajikan data dan berbagai kegiatan, dan tak ketinggalan berbagai masakan. Dipadukuhan Payak disajikan berbagai produk olahan dari hasil pertanian, perikanan, dam macam-macam masakan dan makanan tradisional.

Ketua Tim penilai lomba desa Sujoko S. Sos, MSi, menyatakan Desa Sumbergiri memang memiliki keunikan tersendiri dari segi potensial perikanannya maupun pertaniannya, semua tim penilai lomba desa merasa kagum melihat sambutan yang diberikan oleh warga serta berbagai kegiatan yang ditampilkan oleh warga.

“Semoga potensi pembangunan di Desa Sumbergiri terus meningkat kedepannya dengan segala potensi yang ada,” Pungkasnya. (Edo)

Komentar

Komentar