Skatek 043 Gelar Pelatihan Psikolgi

oleh -
Pelatihan psikologi awak Pemeliharaan Pesawat (APP) Skatek 043 Lanud Adisutjipto.
iklan dispar
Pelatihan psikologi awak Pemeliharaan Pesawat (APP) Skatek 043 Lanud Adisutjipto.

SLEMAN, (KH)— Sebanyak 29 peserta  Awak Pemeliharaan Pesawat (APP) mengikuti pelatihan psikologi, Kamis, (23/2), bertempat di Hanggar Skatek 043 Lanud Adisutjipto. Pelatihan tersebut menghadirkan nara sumber Mayor Kes Aryanto, Psi, dari  Dinas Psikologi TNI Angkatan Udara Jakarta.

Mayor Kes Aryanto, Psi menyampaikan pentingnya mengingat kembali dan mengasah kompetensi yang dimiliki awak pemeliharaan pesawat. Pentingnya evaluasi pribadi oleh awak pemeliharaan pesawat sebelum dan sesudah menyelesaikan tugas, perlu dibiasakan sehingga menjadi nilai pribadi baginya. “Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan rasa tanggungjawab, kepedulian, cara kerja yang prosedural, daya antisipasi dan bahan evaluasi untuk meningkatkan performa kerja dan safety tentunya,” katanya.

Mayor Kes Ariyanto, Psi Menambahkan, bahwa materi tentang kompetensi APP bertujuan me-refresh kembali tentang tugas umum dan spesifik insan pemeliharaan pesawat yang meliputi aspek Skill, Knowledge, dan Attitude. Materi selanjutnya tentang Dinamika Kelompok membahas secara teoritis dan dari perspektif keilmuan bagaimana terbentuknya sebuah kelompok dan proses interaksi yang terjadi di dalamnya sehingga sebuah kelompok bisa efektif dan berhasil.

Sementara nara sumber kedua Kapten Kes Ade Pane, S.Psi dalam pembahasan materi tersebut menyederhanakannya dengan analogi dinamika kelompok yang terjadi dalam sebuah tim sepakbola.

Setelah pemberian beberapa materi di kelas, para peserta pelatihan melaksanakan psikologi lapangan dengan berbagai permainan pencairan (ice breaker games), permainan kompetisi, permainan sinergis, dan ditutup dengan umpan-balik dari permainan yang dilaksanakan.

Komandan Skatek 043 Letkol Tek Taufik Yulianto ST, memberikan apresiasi kepada seluruh anggota atas dedikasi dan loyalitas terhadap kinerja di satuan. Beliau juga berterima kasih kepada Tim Dispsiau Jakarta yang memberikan kesempatan kepada beberapa personel untuk konsultasi terkait hasil psikologi yang bersangkutan sewaktu seleksi.

“Selain itu kegiatan semacam ini dinilai perlu untuk mengetahui aspek potensi individu yang bersangkutan sehingga menjadi bahan evaluasi untuk pengembangan diri,” terang . (Kandar)

Komentar

Komentar