Siswa SMP Muh. Al Mujahidin Turut Berupaya Melestarikan Kebudayaan

oleh -141 Dilihat
oleh
Budaya
Gelar budaya siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. (Ist)

GUNUNGKIDUL, (KH),– SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul turut berupaya melestarikan kebudayaan daerah. Institusi pendidikan ini menginginkan agar generasi masa kini tidak lupa dengan kebudayaan aseli nenek moyang.

Upaya pelestarian kebudayaan diantarnya melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila berwujud gelar budaya. Pada Sabtu, (11/5/2024) kemarin, diselenggarakan pementasan seni budaya dari berbagai propinsi di Indonesia.

“Sebagai generasi, khususnya Gen-Z kami berusaha mencintai dan bersedia ambil bagian dalam melestarikan kebudayaan,” kata Ketua panitia Gelar Budaya, Albina Khanza Ramadhany.

Gelar budaya, sambung Albina diharapkan mampu mempertahankan kebudayaan bangsa yang telah ada sejak dulu kala.

Menurutnya, usaha pelestarian kebudayaan merupakan tanggung jawab bagi seluruh generasi penerus bangsa.

Kepala SMP Muhammadiyah Al Mujahidin, Agus Suroyo menyampaikan, gelar budaya diselenggarakan mengusung tema Nyawiji Makarti. Kegiatan ini menjadi bagian proses pembelajaran bagi seluruh siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin.

“Kegiatan diikuti seluruh siswa kelas 7 dan 8. Ajang ini juga sebagai wadah siswa berkarya dan berproses menyelenggarakan event pentas kebudayaan nusantara,” terang Agus.

Dia menegaskan, budaya memiliki peran penting dan terkait erat dengan dunia pendidikan. Oleh karenanya, gelar budaya ini patut menjadi pengalaman siswa sekaligus edukasi, bahwa seluruh generasi harus punya andil dalm upaya besar bersama-sama melestarikan kebudayaan. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar