Seleksi Perangkat Desa Hanya Diikuti Oleh Satu Peserta

oleh -
iklan dispar
Rambadi sedang mengerjakan soal ujian Kabag Pembangunan Desa Terbah. Foto : Atmaja.
Rambadi sedang mengerjakan soal ujian Kabag Pembangunan Desa Terbah. Foto : Atmaja.

PATUK, (KH) — Hari ini, Selasa (6/1/2015), Desa Terbah mengadakan ujian seleksi calon kepala bagian pembangunan. Berbeda dengan seleksi yang sering dilakukan di beberapa desa, seleksi di Desa Terbah hanya diikuti oleh satu orang saja.

Ketua panitia, Gunawan Riyana mengatakan, selama dua minggu jajaran perangkat Desa Terbah sudah melakukan sosialisasi kepada 7 padukuhan yang berada di Desa Terbah. “Sosialisasi sudah dilakukan, tetapi pada kenyataannya hanya satu peserta yang berkenan mengikuti seleksi,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk menghindari kecurangan tim pembuat soal sengaja untuk merangkum terlebih dahulu soal yang akan dibuat, kemudian baru dibuat esok pagi hari. “Rambadi warga Terbah satu-satunya calon yang mengikuti seleksi tersebut,” imbuhnya.

Terdapat seratus soal dalam seleksi tersebut. Karena hanya terdapat satu peserta, maka tim sepakat untuk penilaian di atas 50% agar peserta bisa lulus seleksi. Seleksi dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Gunawan mengatakan, setelah peserta selesai mengerjakan soal, langsung dilanjutkan penilaian, kemudian akan diumumkan hasil dari seleksi tersebut. “Satu peserta tidak berarti secara langsung dapat lulus. Maka dari itu, panitia secara terbuka melakukan penilaian yang disaksikan oleh perangkat desa, tokoh masyarakat dan jajaran Muspika Kecamatan Patuk,” jelasnya.

Sementara itu, Kades Terbah, Eko Nuryadi mengungkapkan, antusias warga yang masih kurang, karena warga Desa Terbah lebih memilih bekerja ke luar kota dibanding bekerja di tempat asalnya. “Hal ini sempat terjadi pada pemilihan Kades sebelum saya menjadi Kades,” ucap Eko.

Lebih lanjut, Eko menyampaikan banyak terimakasih kepada panitia yang rela bekerja selama kurang lebih 3 bulan guna persiapan seleksi perangkat Desa Terbah. Selanjutnya Eko mengumumkan pada tahun ini kemungkinan besar masih ada seleksi untuk Kaur dan Sekertaris Desa.

“Kami tetap melakukan sosialisasi kepada warga Desa Terbah
agar warga antusias dalam mengikuti seleksi dan mengisi perangkat Desa Terbah,” tandas Eko. (Atmaja/Tty)

Komentar

Komentar