Samba Foundation: Pemuda Peduli Masyarakat Melalui Gerakan Sosial

oleh -

 

SEMANU, Kabarhandayani – Sekumpulan pemuda yang bergerak dalam kegiatan sosial berupa penggalangan dana antar anggota yang kemudian disumbangkan kepada orang yang kurang mampu di sekitarnya merupakan kegiatan dari komunitas Samba Foundation.

Kusworo selaku Sekretaris Samba Foundation menjelaskan, komunitas yang berdiri sejak Juli 2013 ini beranggotakan sekitar 70-an orang dari Padukuhan Sambirejo dan Nitikan di Desa Semanu, Kecamatan Semanu Gunungkidul. Anggotanya pun dari berbagai kalangan dan mayoritas adalah anak muda.

Kusworo mengungkapkan, komunitas ini ada karena kepedulian dari masing-masing anggota yang berkeinginan membantu orang lain. “Kegiatan ini juga membantu diri sendiri, sedekah itu tidak akan mengurangi rejeki, tetapi malah menambah rejeki,” ungkapnya.

Kusworo menyatakan, Samba Foundation melakukan pertemuan setiap sebulan sekali seraya melakukan penggalangan dana dari tiap-tiap anggota secara sukarela. Besarnya pun bervariasi sekitar Rp 5.000,00 hingga Rp 150.000,00 dan uang yang terkumpul sekitar Rp 1.000.000,00 hingga Rp 1.500.000,00. “Kadang diberikan dalam bentuk uang, barang atau modal usaha seperti membelikan ayam dan sebagainya,” katanya.

Kusworo berharap, nantinya tidak hanya membantu dalam lingkup padukuhan, dan anggotanya pun bisa meluas. “Dari awal kami berdiri sudah ada sekitar 35 warga yang kami bantu, semoga ke depannya tetap lancar dan anggota bertambah. Uang yang terkumpul semakin banyak dan orang yang dibantu juga semakin banyak,” harapnya.

Penulis: Mutiya, Editor: Hery

 

Komentar

Komentar