Sagasitas Gunungkidul Gandeng LIPI Selenggarakan Orientasi Dasar Penelitian

oleh -
Salah satu kegiatan UPT LIPI Yogyakarta di Gading, Playen, bersama pelajar. dok KH
iklan dispar
Salah satu kegiatan UPT LIPI Yogyakarta di Gading, Playen, bersama pelajar. dok KH
Salah satu kegiatan UPT LIPI Yogyakarta di Gading, Playen, bersama pelajar. dok KH

PLAYEN, (KH)— Dalam rangka mengenalkan penelitian sejak dini, Sagasitas Gunungkidul bekerja sama dengan Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) – LIPI akan mengadakan Orientasi Dasar Penelitian (ODP). Kegiatan tersebut diselenggarakan di BPTBA LIPI, Jl. Jogja-Wonosari Km 31,5, Gading, Playen, Gunungkidul, pada Jum’at (16/09) besok.

Sagasitas Gunungkidul adalah sebuah komunitas ilmiah yang berkonsentrasi dalam pembinaan penelitian siswa di wilayah Gunungkidul. Anggotanya adalah guru-guru pembimbing penelitian, para mantan juara kompetisi serupa yang saat ini sedang melanjutkan studi di Perguruan Tinggi, serta orang-orang dan/atau para pakar keilmuan yang memiliki kesamaan tujuan memasyarakatkan kegiatan penelitian sedini mungkin kepada siswa.

Sebanyak 60 siswa dan 15 guru pembimbing penelitian SMA/MA se-Gunungkidul akan mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan akan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Gunungkidul, Drs. Sudodo, M.M.

Dihubungi secara terpisah, Sudodo menyatakan dukungannya terhadap kegiatan tersebut. “Penelitian dan penulisan karya ilmiah memiliki banyak manfaat bagi peserta didik. Sudah banyak orang yang sukses karena menulis”, ujar Sudodo.

Sudodo menilai, Sagasitas Gunungkidul mampu menangkap peluang tersebut sehingga mampu mengorganisir diri menjadi sebuah komunitas untuk menggarap bidang penelitian siswa.

Ketua Sagasitas Gunungkidul, Dedy Cipto Hartono, S.Pd mengungkapkan, ODP merupakan salah satu program kerja komunitasnya di awal tahun ajaran 2016/2017 ini. “Setelah ODP ini, para siswa akan kami bimbing untuk melakukan penelitian hingga selesai“, kata dia.

Gayung bersambut, Kepala BPTBA LIPI, Hardi Julendra, S.Pt., M.Sc., mengungkapkan, bahwa ODP Sagasitas Gunungkidul selaras dengan agenda tahunan BPTPA LIPI, yaitu peringatan Harteknas. “Setiap tahun kami melakukan open house, mengundang siswa-siswi SMA/K untuk mengenal tentang BPTBA LIPI”, kata Hardi.

Sebagai lembaga penelitian, BPTBA LIPI telah banyak menghasilkan dan melakukan alih teknologi kepada masyarakat. BPTBA LIPI juga melayani bimbingan penelitian bagi mahasiswa dan siswa sekolah menengah. Saat ini, BPTBA LIPI Yogyakarta berfokus pada penelitian teknologi bahan alam yang dirinci menjadi penelitian di bidang pangan, bioaditif pakan, dan proses bahan alam.

Kegiatan Orientasi Dasar Penelitian meliputi materi kelas pada sesi pagi dengan topik Metode Penelitian yang akan disampaikan oleh Hendra Herdian, S.Pt., M.Sc yang merupakan salah satu peneliti BPTBA LIPI skaligus Kasie Pemanfaatan Teknologi. Kemudian dilanjutkan sesi siang yang diisi dengan paparan profil Lembaga BPTBA LIPI oleh Ibu Ema Damayanti, M.Biotech selaku Kasie Layanan Jasa dan Informasi.

Kegiatan diakhiri dengan kunjungan Laboratorium antara lain Laboratorium Proses Pengalengan, Laboratorium Kimia Analitik, Laboratorium Mikrobiologi dan Pangan, Laboratorium Pakan serta Laboratorium herbal dan area Integrated Farming System. (Kandar)

Komentar

Komentar