Rumah Pintar Harus Mampu Meningkatkan Kualitas Pendidikan

oleh -
iklan dispar

GEDANGSARI, kabarhandayani,– Kepala Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Kaderi menyebutkan, keberadaan Rumah Pintar Astra diharapkan mampu menjadi pendorong peningkatan kualitas pendidikan masyarakat.
Pasalnya, rumah pintar sebagai salah satu lembaga pengembangan bidang pendidikan masyarakat yang di dalamya juga terdapat program pengembangan pendidikan bagi anak usia dini (PAUD) sebagai dasar pengembangan pendidikan anak pra sekolah sebelum memasuki jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak (TK).
“Tidak hanya anak usia sekolah yang akan memanfaatkan Rumah Pintar Astra ini, tetapi kita juga akan memberdayakan remaja serta ibu rumah tangga,” kata Kaderi seusai launching Rumah Pintar Astra di Desa Ngalang, Gedangsari, Kamis (11/9/2014).
Menurut Kaderi, Rumah Pintar Astra nantinya akan dikemas dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat. Menurutnya, program yang akan dilaksanakan akan disinkronkan dengan jadwal Jam Belajat Masyaakat (JBM) yang sudah ditetapkan di tingkat kecamatan.
Dia menegaskan, pada pusat pelatihan kriya, akan dikembangkan kegiatan yang dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat seperti halnya menjahit, membatik, pelatihan tari, serta seni lukis. Pengembangan ini diharapakan dapat meningkatkan usaha di masyarakat hingga berdampak pada peningkatan ekonomi.
Untuk itulah, Kaderi akan meminta seluruh perangkat desa, turut mendorong pengembangan rumah pintar yang ada di daerahnya. Rumah yang dibangun dengan tanah wakaf ini diharapkan mampu sebagai media cikal bakal pengembangan pola pikir dan pengembangan program pembangunan bidang pendidikan yang berkelanjutan.
“Segala bentuk program dan pengembangan di dalamnya bukan semata-mata tanggung jawab desa, tetapi menjadi tanggung jawab kita semua,” papar Kaderi.
Lebih jauh diungkapkan, keberadaan Rumah Pintar Astra diharapkan jadi motivasi dan pendorong bagi masarakat untuk lebih memahami pentingnya arti pendidikan. Rencanya, beberapa pusat bermain anak akan ditarik ke rumah tersebut agar dapat memanfaatkan fasilitas yang ada.
Sementara salah satu pengurus Rumah Pintar Astra, Wahyu Rida Aningsih mengungkapakan, untuk menarik masyarakat pihaknya akan melakukan berbagai promosi, salah satunya akan mengundang berbagai komunitas, dan lembaga yang ada di Desa Ngalang.
“Harapan kita Rumah Pintar Astra ini akan menjadi pusat belajar masyarakat. Seluruh kegiatan masyarakat bisa terpusat di sini, tidak hanya anak-anak, tetapi seluruh warga target kita akan nyaman ketika berkunjung ke sini,” pungkasnya. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar