Rumah Pintar Astra Datangkan Keceriaan

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.- Wilayah perdesaan bagian utara Gunungkidul kini semakin bersahabat terhadap anak-anak. Hal itu berkat diluncurkannya Rumah Pintar persembahan dari PT Astra Internasional Tbk, Kamis (11/9/2014).
“Sejak pertama pintu dibuka, anak-anak di sana sangat antusias dengan rumah pintar ini. Disini mereka dapat belajar, bermain dan kegiatan lainya,” ujar Head Division CSR, PT Astra Internasional Tbk, Riza Deliansyah.
Riza mengatakan, PT Astra Internasional Tbk memberikan rumah pintar dalam dua lantai. Ruangan rumah pintar tersebut dibagi lima sentra. Pertama, sentra buku. Fungsi maupun desain interiornya mirip perpustakaan. Di sana anak-anak bisa membaca buku sepuasnya.
Kedua, sentra bermain dan permainan, Ditempat ini anak-anak bebas berekspresi menyalurkan kreativitasnya lewat permainan yang ada. Berbagai bentuk permainan yang terbuat dari kayu seperti puzzle ada di ruangan tersebut.
Ketiga, sentra komputer. Keempat, sentra audio visual. Sesuai namanya, ruangan ini dilengkapi layar LCD 24 inchi, sound system, dan proyektor. Ruangan ini bisa digunakan untuk latihan pentas, nari, dan lainya.
Pada salah satu sudut ruangan, terdapat sentra kriya, ruangan ini rencanya akan dijadikan pusat pelatihan pengembangan jiwa wirausaha.
Riza menjelaskan, setelah rumah ini dibuka secara resmi, akan ditempatkan dua pengurus yang sudah mendapatkan pelatihan di Jakarta. “Pengurus yang akan membantu rumah pintar kita ambil dari warga sekitar, sebelumnya dua orang telah mendapat pelatihan di Jakarta,” paparnya.
Riza menambahkan, Rumah Pintar Astra yang dibangun di Desa Ngalang dan Desa Sampang Kecamatan Gedangsari merupakan dua dari 20 rumah pintar yang ada di Indonesia. Pembangunan Rumah Pintar ini diharapkann dapat meningkatkan kualias SDM warga sekitar.
Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos berpesan kepada warga untuk memanfaatkan Rumah Pintar Astra sebaik mungkin. Menurutnya, kelangsungan pembangunan di Kecamatan Gedangsari, tidak hanya tanggung jawab Pemerintah melainkan butuh dukungan semua pihak.
“Tolong rumah ini dijaga, dimanfaatkan sebaik mungkin, agar bisa bermanfaat kepada seluruh masyarakat,” pungkasnya. (Juju/Jjw).

Komentar

Komentar